Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Bicara Nasib Kontrak Shin Tae-yong yang Sudah Ukir Sejarah

Kompas.com - 10/10/2023, 21:23 WIB
Ahmad Zilky,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, merespons soal perpanjangan kontrak pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY).

Kontrak Shin Tae-yong sejatinya bakal berakhir pada akhir tahun 2023. Ia lalu diminta untuk melatih timnas Indonesia sampai Juni 2024 atau seusai Piala Asia senior dan Piala Asia U23 2024.

Menurut Erick Thohir, PSSI bakal kembali berkoordinasi lagi dengan Shin Tae-yong soal perpanjangan kontrak setelah melihat prestasi timnas Indonesia.

Ia pun memberikan apresiasi kepada Shin Tae-yong yang telah mengantarkan timnas Indonesia kembali tampil di Piala Asia setelah 17 tahun absen.

Baca juga: Tanggapan Shin Tae-yong soal Kabar Kontrak Baru di Timnas Indonesia

Selain itu, Shin Tae-yong juga mampu membawa timnas U23 Indonesia untuk kali pertama mentas di ajang Piala Asia U23.

STY bahkan mengukir sejarah sebagai pelatih pertama yang mampu meloloskan timnas U20, U23, dan senior ke Piala Asia.

“Pembicaraan saya dengan coach Shin Tae-yong sampai Juni 2024,” kata Erick Thohir dalam sesi doorstop di ruang konferensi pers Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Selasa (10/10/2023).

“Penilaiannya nanti apakah perpanjangan lebih panjang tentu sesuai dengan prestasi yang ada di Piala Asia di Qatar, baik senior dan U23,” ucap dia.

Baca juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026, Jalan Berbeda Pemain Persib di Timnas

“Saya rasa coach Shin Tae-yong juga sudah berbuat maksimal ketika membawa U23 pertama kali lolos di Asia, ini pertama kali dalam sejarah dan timnas (senior) setelah 17 tahun, kembali bermain di tingkat Asia,” kata dia.

Erick Thohir mengungkapkan, jika PSSI memperpanjang kontrak Shin Tae-yong bakal ada sejumlah target yang mesti dipenuhi pelatih asal Korea Selatan itu.

“Jadi, sebuah prestasi luar biasa (timnas lolos Piala Asia) karena itu saya mengapresiasi tentu perpanjangan kontrak,” ucapnya.

“Namun, kalau lebih panjang lagi, saya berharap ada target-target yang kami sepakati,” ujar eks pemilik Inter Milan itu.

“Saya akan diskusi dengan coach Shin Tae-yong, saya ada kedekatan dan hal ini yang baik untuk sepak bola Indonesia,” katanya melanjutkan.

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia Vs Brunei pada Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sebelumnya, Shin Tae-yong sempat menyinggung perihal perpanjangan kontrak melatih timnas Indonesia.

Eks pelatih Korea Selatan itu mengatakan dirinya tengah dalam proses pembicaraan dengan Erick Thohir, selaku Ketum PSSI.

“Kalau tidak salah, hal itu akan diumumkan secara resmi. Jadi, sedang dalam pembicaraan juga dengan Pak Erick, tunggu saja,” kata Shin Tae-yong, dikutip dari BolaSport.com.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com