Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Jendela Transfer, Reaksi Pelatih Persib Soal Rumor Wiljan Pluim

Kompas.com - 03/10/2023, 16:30 WIB
Adil Nursalam,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Jelang akhir putaran pertama Liga 1 2023-2024, jendela transfer tengah musim pun akan segera dibuka. Isu perpindahan pemain menjadi hangat diperbincangkan. 

Beberapa klub Liga 1 mulai memburu para pemain-pemain andal yang memungkinkan direkrut salah satunya Wiljan Pluim dari PSM Makassar

Status Wiljan Pluim kini mulai dipertanyakan di PSM. Ia sudah tak bermain di pertandingan Juku Eja sejak pekan ke-10 Liga 1 2023-2024.

Gelandang asal Belanda itu terakhir kali bermain pada laga melawan Persis Solo 28 Agustus 2023. Setelah itu, tak terdengar lagi kabarnya bermain.

Baca juga: Tembus Empat Besar, Dua Laga Tandang Sekaligus Menanti Persib

Isu krisis finansial yang dialami PSM merebak. Rumor pun beredar.

Beberapa klub menunjukkan minatnya meminang gelandang maestro seperti Pluim, PSIS Semarang contohnya. 

Pluim juga dikaitkan dengan Persib Bandung, hal itu berdasarkan kedekatan si pemain dengan pelatih Bojan Hodak dengan sang pemain. 

Hodak pernah menangani Pluim ketika melatih PSM di Liga 1 2020 lalu bersama Ezra Walian. Kala itu Pluim selalu menjadi pilihan Hodak di starting eleven. 

Ditanyai soal hal ini, Hodak tak mempercayai rumor tersebut karena bersumber dari media sosial. “Rumor dari mana itu, jika dari sosial media, saya tidak membaca sosial media,” sebut Hodak. 

Baca juga: Persebaya Vs Persib Digelar di Gelora Bung Tomo

Bojan Hodak saat memimpin latihan Persib Bandung di Stadion Persib Sidolig, Bandung. KOMPAS.com/Adil Nursalam Bojan Hodak saat memimpin latihan Persib Bandung di Stadion Persib Sidolig, Bandung.

Hodak belum menaruh perhatian secara lebih kepada jendela transfer tengah musim Liga 1 2023-2024 yang akan dibuka pada tanggal 1 November mendatang. 

Persib ingin melanjutkan tren positif dalam tiga pertandingan sisa di putaran pertama melawan Persebaya Surabaya, Borneo FC Samarinda, dan PSS Sleman. 

Pelatih asal Kroasia itu mengatakan dirinya tidak akan membuat banyak perubahan jika tim mampu melanjutkan tren dan menuntaskan putaran pertama dengan baik. 

Kendati begitu, ia membuka kemungkinan melakukan perombakan jika didapati kekurangan dalam tiga laga sisa. 

Baca juga: Hampir Dua Musim di Persib, DDS Akhirnya Catat Hat-trick Pertama

“Kita akan melihat. Jika bisa melanjutkan kemenangan ini dan semua berjalan dengan bagus, saya tidak berpikir untuk melakukan perubahan,” ungkapnya. 

“Namun jika ada yang salah maka mungkin kami akan mencari opsi lainnya,” ucap Hodak. 

Sejauh ini, Bojan Hodak ingin skuadnya bisa berekembang lebih baik, oleh karena itu dirinya tidak pernah puas meski tim telah menunjukkan perubahan signifikan dari urutan klasemen.

Semua menantikan bagaimana Hodak merespon jendela transfer nanti.

“Saya tidak pernah merasa puas, selalu merasa bisa lebih baik. Dan merasa perlu satu atau dua pemain tambahan dan merasa bisa lebih baik di beberapa posisi. Jadi ini belum cukup bagus,” sebutnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com