Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas U17 Indonesia Ditempa ala Bundesliga, Persiapan Level Tinggi

Kompas.com - 18/09/2023, 23:00 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Timnas U17 Indonesia menempa diri di Jerman guna bersiap menatap Piala Dunia U17 2023. Ketum PSSI, Erick Thohir, menyebut ini sebagai TC alias pemusatan latihan level tinggi.

Rombongan timnas U17 Indonesia asuhan Bima Sakti telah menginjakkan kaki di Jerman untuk mengadakan pemusatan latihan. 

Skuad Garuda Muda terlibat dalam pemusatan latihan bertajuk "Bundesliga Training Camp" untuk bersiap menghadapi Piala Dunia U17 2023 yang digelar di Indonesia pada 10 November-2 Desember 2023.

Selama di Jerman, pasukan arahan Bima Sakti dijamu oleh klub kontestan Bundesliga, Borussia Moenchengladbach serta Borussia Dortmund.

Baca juga: Timnas U17 Indonesia Tiba di Jerman, Dijamu Dortmund dan Gladbach

Kedua klub itu sama-sama dikenal mempunya fasilitas akademi jempolan. Pemusatan latihan timnas U17 Indonesia di Jerman akan berlangsung sekitar kurang lebih empat pekan, 18 September-23 Oktober 2023.

"Selama bertahun-tahun, akademi Bundesliga telah menelurkan sejumlah nama besar dalam dunia sepak bola, dari talenta lokal Jerman menjadi bintang dunia," tutur Bundesliga International Chief Marketing Officer, Peer Naubert, dalam rilis yang dikirim Bundesliga kepada KOMPAS.com.  

Tak cuma berlatih, timnas U17 Indonesia juga diagendakan turun dalam enam partai uji coba melawan enam skuad junior kontestan Bundesliga. 

Baca juga: Timnas U17 Indonesia TC di Jerman, Cari Lawan Sesuai Karakter Tim Grup A Piala Dunia U17

Muhammad Iqbal Gwijangge dkk pun akan punya kesempatan merasakan langsung atmosfer menonton partai Bundesliga. 

"Kami berterima kasih kepada Bundesliga dan juga dua klub hebat Borussia Moenchengladbach serta Borussia Dortmund atas keterlibatan dalam persiapan level tinggi untuk tim nasional Indonesia," kata Erick Thohir, Ketum PSSI.

"Ini merupakan bentuk kolaborasi positif dalam memperkuat hubungan antara DFL (organisator Liga Jerman) dengan PSSI."

"Kami membutuhkan dukungan dan arahan dari sepak bola Jerman, sehingga Indonesia bisa mengikuti kesuksesan dan perkembangan Jerman dalam olahraga yang sangat populer ini," tutur Erick Thohir menegaskan.

Piala Dunia U17 2023 bakal menjadi partisipasi pertama Indonesia dalam turnamen bergengsi yang pernah melahirkan nama-nama besar semodel Ronaldinho, Neymar, dan Phil Foden itu. 

Timnas U17 Indonesia tergabung di Grup A Piala Dunia U17 2023 bersama Ekuador, Panama, dan Maroko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com