Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Derbi Jateng Persis Vs PSIS: Sananta Tunda Keberangkatan Perkuat Timnas Indonesia

Kompas.com - 16/09/2023, 11:31 WIB
Fristin Intan Sulistyowati,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyerang Timnas Indonesia, Ramadhan Sananta, belum berangkat memperkuat tim di Asian Games 2022 Hangzhou, China.

Rencananya, laga perdana Asian Games 2023 pada Selasa (19/9/2023) pukul 18.30 WIB, Timnas Indonesia melawan Kirgistan.

Penundaan keberangkatan Sananta karena klub yang menaunginya, Persis Solo, belum melepas pemain berumur 20 tahun tersebut.

Sananta dipastikan melakoni laga bertajuk Derbi Jateng melawan PSIS Semarang di pentas Liga 1 2023-24, Sabtu (16/9/2023), sebelum berangkat ke Hangzhou, China.

Baca juga: Ramadhan Sananta Cetak 2 Gol ke Gawang Persib: Tetap Tajam dari Sisi Sayap

Pertandingan sarat rivalitas ini menjadi satu alasan Sananta belum dilepas. Selain itu, Laskar Sambernyawa, julukan Persis, dalam kondisi kekurangan pemain.

Situasi ini terjadi karena sejumlah pemain Persis mengalami cedera.

"Keputusan ambil Sananta karena dia pemain lebih penting untuk kami. Kami punya squad kecil, kami punya banyak pemain sakit itu kenapa kami perlu dia di squad," kata Pelatih Persis Solo Leonardo Medina di Stadion Manahan Solo, Jumat (15/9/2023).

Ramadhan Sananta pun siap membawa Persis meraih hasil maksimal. Mantan pemain PSM Makassar ini berjanji akan menunjukkan kemampuan maksimal melawan Laskar Mahesa Jenar.

"Ya tekanan wajar karena di sepak bola ada tekanan seperti itu. Saya menyikapi tentang hal itu tentunya saya harus memberikan 100 persen di pertandingan besok," tegas Sananta.

"Kita tahu kita rival dengan PSIS Semarang dan kami semua sudah fokus untuk pertandingan besok dan sangat siap untuk pertandingan besok," lanjutnya.

Baca juga: Rahasia Ramadhan Sananta Cetak 2 Gol Kemenangan di Laga Persis Vs Persib

Sebelumnya, untuk menghadapi Asian Games 2022, timnas Indonesia dilatih Indra Sjafri. Pemusatan latihan timnas Indonesia untuk Asian Games 2022 telah digelar sejak 7 September.

Mereka fokus menjalani tes kebugaran selama pemusatan latihan (TC) di Jakarta yang berlangsung mulai Rabu (13/9/2023).

Secara keseluruhan, Indra Sjafri mengatakan para pemain dalam kondisi fisik yang bagus karena dalam kompetisi di tim juga dijaga dan dilatih secara maksimal.

Meskipun demikian, belum semua pemain yang dipanggil memperkuat tim nasional Indonesia bergabung di pelatnas. Masih tujuh pemain yang belum bergabung dari total 22 pemain yang dipanggil.

"Alhamdulillah hari ini masih ada pemain yang belum bergabung. Tapi kami memberanikan diri membawa tim ini karena mereka adalah pemain-pemain yang sudah disiapkan dengan baik di klub," ungkap Indra Sjafri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com