Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Waktu 5 Hari, Persita Resmikan Divaldo Alves sebagai Pelatih Baru

Kompas.com - 13/09/2023, 06:55 WIB
Suci Rahayu,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Persita Tangerang secara resmi menunjuk Divaldo Alves sebagai nakhoda barunya. Ia diketahui sudah memimpin latihan Ramiro Fergonzi dkk pada Senin (11/9/2023).

"Hari ini dengan bangga kami umumkan secara resmi bahwa Divaldo Alves sebagai pelatih kepala Persita," ungkap manajer tim Persita, I Nyoman Suryanthara melalui rilis resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (12/9/2023).

"Setelah berdiskusi dengan beberapa kandidat lain, kami menilai Divaldo Alves adalah opsi terbaik untuk Persita dalam mencapai target klub pada musim ini,” tuturnya.

Divaldo Alves menggantikan Luis Edmundo yang dipecat pada Kamis (7/9/2023). Pelatih Chile tersebut dievaluasi setelah tim mengalami enam kekalahan beruntun sejak pekan ke-6 sampai pekan ke-11 Liga 1 2023-2024.

Baca juga: Hasil Persita Vs Madura United: Sape Kerrab Comeback, Tetap di Puncak Liga 1

Hasil minor tersebut membuat Persita melorot ke posisi ke-15 klasemen sementara. Persita hanya terpaut satu poin dari penghuni zona degradasi.

Manajemen berharap kedatangan pelatih asal Portugal yang sarat pengalaman tersebut bisa mengangkat kembali performa tim.

“Selain itu kami berharap kedatangan beliau bisa mengangkat mental para pemain di pertandingan berikutnya," harap I Nyoman Suryanthara.

Divaldo Alves optimistis mendapat tantangan ini. Ia senang mendapatkan kepercayaan menukangi tim kebanggaan masyarakat Tangerang tersebut.

Ia pun siap menjawab tantangan yang diberikan dan yakin bisa membawa Persita ke jalur yang semestinya.

“Saya mengetahui Persita memiliki potensi besar untuk bisa memperbaiki posisi di musim ini. Saya yakin kita bisa jalan bersama dan perjalanan klub ini masih panjang dengan skuat yang diisi dengan banyaknya pemain muda berbakat," ujar pelatih asal Portugal itu.

Baca juga: Hasil Persebaya Vs Persita 1-0, Sho Yamamoto Pahlawan Bajul Ijo

“Tapi yang paling dekat tentu membangkitkan tim. Kami harus bangkit dengan determinasi tinggi, kerjas keras serta komitmen," pungkasnya.

Divaldo Alves sudah mengenal sepak bola Indonesia sejak 2008. Tim pertama yang dipimpin adalah PSMS Medan.

Setelah itu ia sempat menjadi pelatih Persijap Jepara, kemudian menyeberang ke IPL bersama Persebaya 1972 pada musim 2011-2012 silam.

Selain Indonesia, ia malang melintang di Liga Malaysia, Lithuania dan Oman.

Terakhir ia menjadi pahlawan Persik Kediri pada musim 2022-2023. Masuk pada pekan ke-8, pelatih 45 tahun tersebut mengangkat Macan Putih dari zona merah dan finis ke posisi 11 klasemen.

Namun yang paling mencolok Divaldo Alves berhasil membawa Persik memecahkan rekor Liga 1 Indonesia sebagai tim yang mencetak kemenangan beruntun terbanyak, yakni delapan kali.

Kepiawaiannya meracik strategi bakal diuji saat pekan ke-12 Liga 1 2023-2024 ketika Persita melawan Arema FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Sabtu (16/9/2023).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com