Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U23: Sejarah, Kisah Manis Sepak Bola Era Shin Tae-yong

Kompas.com - 13/09/2023, 06:01 WIB
Ahmad Zilky,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Timnas U23 Indonesia memastikan diri menembus putaran final Piala Asia U23 2024. Ini menjadi kisah manis sepak bola Tanah Air era Shin Tae-yong.

Timnas U23 Indonesia melaju ke putaran final Piala Asia U23 2024 setelah menjadi juara Grup K pada babak kualifikasi dengan raihan enam poin.

Catatan enam poin didapatkan timnas U23 Indonesia karena meraih dua kemenangan atas Taiwan (9-0) dan Turkmenistan (2-0).

Timnas U23 Indonesia pun mengukir sejarah lantaran untuk kali pertama melaju ke putaran final Piala Asia U23.

Filosofi sepak bola Shin Tae-yong

Pelatih timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong (STY), mempunyai magis tersendiri dalam meracik strategi Garuda Muda di babak Kualifikasi Piala Asia U23 2024.

Pasalnya, STY memilih tidak mengandalkan striker untuk membuat timnas U23 Indonesia mencetak gol.

Baca juga: Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U23, Saat Filosofi Tanpa Striker STY Berhasil…

Secara keseluruhan, timnas U23 Indonesia mampu mengemas 11 gol selama bermain di Kualifikasi Piala Asia U23 2024.

Rinciannya, gol-gol timnas U23 Indonesia dari berbagai posisi yang dikemas oleh Ramadhan Sananta (striker), Rafael Struick (striker), Witan Sulaeman (winger).

Selanjutnya gol Indonesia juga lahir lewat aksi Ilham Rio Fahmi (bek), Elkan Baggott (bek), Hokky Caraka (bek), Ivar Jenner (gelandang), dan Pratama Arhan (bek 2 gol).

Pemain timnas U23 Indonesia, Ivar Jenner, merayakan gol pada laga timnas U23 Indonesia vs Turkmenistan yang digelar di Stadion Manahan, Solo, pada Selasa (12/9/2023) pukul 19.00 WIB.KOMPAS.com/Mochamad Sadheli Pemain timnas U23 Indonesia, Ivar Jenner, merayakan gol pada laga timnas U23 Indonesia vs Turkmenistan yang digelar di Stadion Manahan, Solo, pada Selasa (12/9/2023) pukul 19.00 WIB.

“Memang filosofi sepak bola yang saya miliki, bukan striker yang harus cetak gol,” kata Shin Tae-yong dalam sesi jumpa pers seusai laga timnas U23 Indonesia vs Turkmenistan pada Selasa (12/9/2023).

“Siapa pun bisa mencetak gol dari berbagai posisi, jadi saya tegaskan apalagi saat latihan, saya membuat pemain fokus jadi siapa pun bisa cetak gol,” lanjutnya.

“Hari ini pun sama (saat melawan Turkmenistan), begitu pun kemarin (lawan Taiwan). Akhirnya kami bisa mencetak banyak gol dan pencetak gol berasal darri berbagai posisi,” lanjut dia.

Keyakinan Shin Tae-yong bersaing di Piala Asia U23 2024

Shin Tae-yong juga mempunyai keyakinan timnas U23 Indonesia tak akan sekedar meramaikan perhelatan Piala Asia U23 2024.

Menurut Shin Tae-yong, timnas U23 Indonesia akan bersaing dengan tim-tim yang berkompetisi di Piala Asia U23 2024.

Pelatih timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong (kanan), dan Ivar Jenner saat menghadiri konferensi pers usai laga melawan Turkmenistan pada partai pamungkas Grup K Kualifikasi Piala Asia U23 2024 di Stadion Manahan, Solo, pada Selasa (12/9/2023) malam WIB.KOMPAS.com/Ervan Yudhi Tri Atmoko Pelatih timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong (kanan), dan Ivar Jenner saat menghadiri konferensi pers usai laga melawan Turkmenistan pada partai pamungkas Grup K Kualifikasi Piala Asia U23 2024 di Stadion Manahan, Solo, pada Selasa (12/9/2023) malam WIB.

Meski begitu, STY melihat satu kendala. Ia merasa khawatir pemain-pemain abroad seperti Elkan Baggott, Rafael Struick, dan Pratama Arhan tak bisa dilepas oleh klubnya masing-masing.

Baca juga: Shin Tae-yong Bawa Timnas Indonesia Senior dan U23 Lolos Piala Asia: Belum Ada Piala, tetapi Ini Sejarah

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com