Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Vs Turkmenistan: Adam Alis Mau Ambil Hati Shin Tae-yong

Kompas.com - 08/09/2023, 12:00 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gelandang Borneo FC, Adam Alis, tampak serius melahap seluruh program latihan timnas Indonesia jelang laga FIFA Matchday kontra Turkmenistan.

Laga timnas Indonesia vs Turkmenistan akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (8/9/22023) malam.

Keseriusan yang ditampilkan Adam Alis dalam latihan merupakan caranya untuk membayar kepercayaan dan kesempatan yang diberikan Shin Tae-yong, pelatih timnas Indonesia.

Seperti diketahui, Adam Alis bak menjadi pemain yang terlupakan oleh timnas Indonesia. Terakhir ia membela timnas Indonesia pada 2021 silam.

Kala itu, ia tampil pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia yang dilaksanakan bulan Juli 2021.

Adam Alis mentas dalam dua pertandingan melawan Thailand dan Uni Emirat Arab. Tim Garuda tidak bisa berbicara banyak dan hanya menorehkan satu poin di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baca juga: Indonesia Vs Turkmenistan, Momen Nostalgia Sang Kapten Ahmet Atayev

Selanjutnya pada Oktober 2021, Adam Alis dilibatkan pada leg kedua playoff kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan, yang dimenangi Indonesia 3-0.

Namun, setelahnya Adam Alis tidak pernah lagi dipanggil, termasuk saat Indonesia menjalani fase selanjutnya pada Kualifikasi Piala Asia 2023.

Setelah dua tahun menanti, akhirnya Adam Alis kembali mendapatkan kepercayaan untuk bergabung bersama timnas Indonesia. Pemanggilan ini membuatnya bahagia.

"Awalnya dari manajemen langsung kirim email ke saya, bukti dipanggil tiga orang dari Borneo. Alhamdulillah masih bisa dipercaya sama tim pelatih timnas Indonesia," ucap mantan pemain Arema FC itu.

Baca juga: Adam Alis Rasakan Tiga Sentuhan Pelatih Asing dalam Semusim

Pemanggilan ini menjadi buah dari kerja keras dan kebulatan tekad Adam Alis. Selama "ditepikan" timnas Indonesia, ia berusaha memperbaiki diri.

Musim ini, Adam Alis kembali mendapatkan sorotan bersama Borneo FC. Ia menjadi bagian penting kesuksesan Pesut Etam bertengger di papan atas Liga 1 2023-2024.

Ia mencatatkan satu gol, satu assist, dan menjadi kreator belasan peluang Borneo FC.

Adam Alis pun bertekad memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia dan ingin membuat kesan bagi Shin Tae-yong.

Adam Alis berharap bisa mendapatkan kesempatan mentas dalam laga melawan Turkmenistan.

"Mungkin kalau misalkan dikasih kesempatan (turun), dimanfaatkan sebaik-baiknya. Supaya masuk timnas terus," katanya.

Soal kesiapan, Adam Alis menegaskan dalam kondisi siap tempur. Ia mengaku menikmati seluruh program latihan yang diberikan Shin Tae-yong.

Ia yakin bisa memenuhi ekspektasi pelatih asal Korea Selatan itu.

"Coach Shin orang yang keras, disiplin, dan dia mau pemain yang bekerja keras di dalam lapangan, serta di luar lapangan," ujar pemain berusia 29 tahun tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com