Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luis Milla Tinggalkan Persib: 17 Kemenangan, Posisi Ketiga, Pergi Usai Raih 3 Angka

Kompas.com - 15/07/2023, 13:30 WIB
Ahmad Zilky,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kebersamaan Luis Milla dan Persib Bandung berakhir. Pelatih asal Spanyol itu mampu membawa Maung Bandung bercokol di posisi ketiga musim lalu.

Luis Milla datang ke Persib untuk menggantikan posisi Robert Rene Alberts yang lebih dulu mundur di kursi kepelatihan Maung Bandung.

Setelah Robert Rene Alberts mundur, posisi pelatih sementara Persib diisi oleh Budiman.

Kiprah Milla bersama Persib sejatinya tak terlalu buruk. Ia berhasil membawa Maung Bandung ke posisi ketiga dalam kampanye Liga 1 musim lalu.

Baca juga: Luis Milla Resmi Tinggalkan Persib, Pelatih Pertama yang Tersingkir di Liga 1 2023-2024

Saat itu, Persib Bandung bercokol di peringkat ketiga seusai mengumpulkan 62 poin dari 34 pertandingan yang sudah dijalani.

Tak sampai di situ, Persib Bandung selama di bawah asuhan Luis Milla mampu memetik 17 kemenangan, tujuh imbang, dan enam kekalahan.

Selain itu, kemenangan terbesar Persib Bandung bersama Luis Milla ketika membekuk Barito Putera dengan skor 5-2.

Walau demikian, eks pelatih timnas Indonesia itu juga pernah menerima kenyataan ditumbangkan Persita Tangerang via skor 0-4.

Baca juga: Alasan Luis Milla Tinggalkan Persib dan Tujuan Milla Selanjutnya

Milla sangat menyukai Ciro Alves dan David da Silva. Dua pemain itu paling sering diturunkan selama era Milla di Persib dengan total 29 pertandingan.

Terkini, Persib Bandung mengumumkan kerja sama dengan Luis Milla resmi berakhir pada Sabtu (15/7/2023) siang WIB.

Luis Milla pergi seusai Persib Bandung duduk di posisi ke-10 dalam klasemen Liga 1 usai menorehkan tiga poin dari tiga pertandingan.

Eks asisten pelatih Getafe itu kali terakhir mendampingi Persib ketika ditahan imbang 2-2 melawan Dewa United dalam pekan ketiga Liga 1 2023-2023 pada Jumat (14/7/2023).

“Dengan berat hati Persib harus menyampaikan bahwa pertandingan melawan Dewa United semalam menjadi momen terakhir kebersamaan Luis Milla Aspas sebagai nakhoda,” demikian keterangan resmi Persib Bandung.

Baca juga: Link Live Streaming Persib Vs Dewa United, Kickoff 19.00 WIB

Keputusan itu sekaligus membuat staf pelatih Persib yakni, Manuel Perez-Cascallana dan Carlos Grande Rodrigues juga ikut mundur.

Berdasarkan keterangan resmi Persib Bandung, keputusan Luis Milla mundur karena permasalahan pribadi.

“Faktor persoalan pribadi menjadi alasan di balik pengambilan keputusan pelatih berusia 57 tahun tersebut,” lanjut keterangan Persib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com