Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persis Vs Persebaya - Aji Santoso Tegaskan Bukan Sosok Pelatih yang Percaya Catatan Historis dan Tradisi

Kompas.com - 01/07/2023, 10:30 WIB
Suci Rahayu,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso kembali menegaskan bukan sosok pelatih yang percaya dengan catatan historis dan tradisi dalam menghadapi sebuah pertandingan.

Hal itu diutarakan jelang duel pekan ke-1 Liga 1 2023-2024 melawan Persis Solo di Stadion Manahan Solo, Sabtu (1/7/2023) malam.

Ia menyebut catatan apik tim saat bertemu Persis di laga ujicoba beberapa waktu lalu bukan menjadi patokan bisa kembali terulang hal yang sama.

Menurutnya kondisi dan situasi laga ujicoba akan berbeda dengan situasi pertandingan di kompetisi.

Baca juga: Persis Vs Persebaya, Daftar Pemain Bajul Ijo

Aji Santoso meyakini kedua tim akan tampil all out demi merebut tiga poin memulai kompetisi dengan mulus.

“Menurut saya ujicoba dan pertemuan sebelumnya tidak ada artinya dalam menghadapi kompetisi ini,” ujar pelatih berlisensi AFC Pro.

“Pertandingan besok (hari ini) itu pertandingan yang sangat penting. Jadi menurut saya yang tidak percaya dan terpaku tradisi karena situasinya berbeda, waktunya berbeda, maka setelah pun saya sudah lupakan," jelas dia.

“Saya tidak pernah berpatokan pada hal itu (catatan historis). Saya lebih fokus pada pertandingan,” sambungnya.

Situasi pertandingan juga akan berbeda dengan laga ujicoba lalu karena kedua tim sudah sama-sama melakukan evaluasi dan pembenahan.

Oleh karena itu, Aji Santoso meminta pemain untuk fokus menghadapi pertandingan melawan Persis dan bekerja keras sepanjang laga untuk bisa memetik hasil positif dari kunjungan mereka ke kandang lawan.

“Saya berharap all out karena pertandingan pertama biasanya akan cukup sulit. Pemain beradaptasi dengan situasi kompetisi,” ucap mantan pelatih Persela Lamongan.

“Tapi saya akan memerintahkan pemain untuk bekerja keras pada pertandingan besok,” imbuhnya.

Secara umum tim sudah dalam kondisi siap tempur menghadapi Persis.

Hanya ada nama Paulo Victor yang terpaksa absen melawan karena tengah dalam kondisi pemulihan pasca mengalami cedera.

Pemain Persebaya Surabaya Dusan Stevanovic, Wildan Ramdhani dan Kadek Raditya dijaga ketat Persija Jakarta saat pertandingan ujicoba dalam rangka hari jadi klub ke-96 tahun yang berakhir dengan skor 2-2 di Stadion Gelora Bung Tomo (SGBT) Surabaya, Minggu (18/6/2023) sore.KOMPAS.com /SUCI RAHAYU Pemain Persebaya Surabaya Dusan Stevanovic, Wildan Ramdhani dan Kadek Raditya dijaga ketat Persija Jakarta saat pertandingan ujicoba dalam rangka hari jadi klub ke-96 tahun yang berakhir dengan skor 2-2 di Stadion Gelora Bung Tomo (SGBT) Surabaya, Minggu (18/6/2023) sore.

Meski tanpa penyerang asal Brasil itu, Aji Santoso tetap optimis dengan kekuatan yang dimiliki oleh tim.

Apalagi masih ada sosok Wildan Ramdhani dan penyerang gaek, Ferdinand Sinaga yang biasa diandalkan menjadi juru gedor tim.

“Untuk semua siap termasuk pemain asing yang kami bawa untuk pertandingan,” jelasnya.

Kemungkinan besar mendapat kepercayaan sebagai ujung tombak di laga melawan Persis, Wildan Ramdhani siap memberikan 100 persen kemampuan terbaiknya untuk memetik poin perdana.

“Tentunya untuk pertandingan besok menjadi laga pertama kami. Seperti yang disampaikan coach bahwa tidak mudah. Tapi, kami semua pemain memberikan 100 persen maksimal dalam pertandingan,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com