Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transfer Lionel Messi ke MLS Tak Menguntungkan Meksiko

Kompas.com - 14/06/2023, 06:40 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber AS

KOMPAS.com - Major League Soccer, MLS, bakal mendapatkan keuntungan besar karena Lionel Messi memutuskan merumput di liga tersebut. Sosok berjulukan La Pulga ini akan membela klub Inter Miami.

Ya, Lionel Messi sudah membuat keputusan pindah ke MLS untuk memperkuat klub milik David Beckham tersebut. Sang megabintang tak memperbarui kontraknya yang habis pada 30 Juni 2023 bersama Paris Saint-Germain.

Messi menolak tawaran fantastis nan menggiurkan dari Liga Arab Saudi. Dia menjatuhkan pilihan untuk bermain di Liga Amerika Serikat.

Baca juga: Neymar: Messi Akan Mengubah MLS bersama Inter Miami

Sejumlah kalangan memprediksi MLS kian melejit dengan kehadiran mantan bintang Barcelona tersebut. Penyerang PSG, Neymar, termasuk pemain yang mengatakan bahwa MLS bakal semakin populer.

Namun hal buruk justru akan dialami klub-klub Liga Meksiko, seperti diutarakan Miguel Layun. Pemain belakang klub America yang bermain di Liga MX Clausura tersebut justru melihat transfer Messi tak menguntungkan bagi mereka.

"Jujur, sepak bola Meksiko tak mendapatkan keuntungan sama sekali. Saya tak melihat keberadaan Messi di MLS bisa menguntungkan Meksiko," ujar Miguel Layun dalam wawancara dengan Clarosports, dikutip dari AS.

"Saya kira itu sangat bagus bagi MLS, ya. Hal Messi tampaknya sangat baik untuknya... Saya pikir MLS menawarkan hal-hal tertentu di tingkat keluarga yang tak dimiliki liga lain, tetapi lebih spesifik saya tak melihat manfaat apapun untuk Meksiko atau Liga Meksiko."

Baca juga: Erick Thohir soal Kabar Messi Tak Ikut ke Jakarta: Ini Indonesia Vs Argentina, Bukan Messi All Star

"Jika anda memberitahu saya bahwa Messi akan datang bermain di Stadion Azteca melawan America atau bahwa dia akan pergi ke Mazatlan dan orang akan memenuhi stadion untuk melihatnya, saya bakal mengatakan itu merupakan hal hebat bagi Liga Meksiko."

Pernyataan pemain berusia 34 tahun ini cukup beralasan. Kehadiran Messi di MLS menjadi ancaman bagi klub-klub Liga Meksiko yang akan terlibat dalam Piala Liga.

Leagues Cup alias Piala Liga akan mulai bergulir. Klub-klub dari Meksiko, Kanada dan Amerika Serikat akan ambil bagian dalam event tersebut.

Messi ditengarai akan menjalani debut bersama Inter Miami saat klub MLS tersebut melakoni Piala Liga. Inter Miami akan menghadapi Cruz Azul pada 21 Juli 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com