Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSSI Gandeng Operator Bundesliga, Upaya Jadikan Liga Indonesia Terbaik di ASEAN

Kompas.com - 09/06/2023, 16:00 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PSSI resmi menjalin kerja sama dengan DFL (Deutsche Fussball Liga) yang merupakan operator Bundesliga, kompetisi kasta tertinggi Liga Jerman. 

Kerja sama tersebut disampaikan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, lewat unggahan di Twitter dan Instagram-nya pada Jumat (9/6/2023) siang WIB. 

PSSI menggandeng DFL sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas Liga Indonesia dan menjadikannya liga sepak bola terbaik di Asia Tenggara. 

"Kami sudah mengikat kerja sama dengan penyelenggara Bundesliga, Deutsche Fussball Liga (DFL) sebagai salah satu upaya mnjadikan Liga Indonesia yang terbaik di Asia Tenggara," tulis Erick Thohir. 

Baca juga: Ke Jerman, Erick Thohir Jalin Kerja Sama Sekaligus Berburu Dirtek Baru PSSI

Kerja sama PSSI dan DFL akan dimulai dari pengembangan pemain muda, manajemen liga dan klub, stadion, lisensi klub, hingga media dan keamanan suporter. 

Dengan kerja sama ini, diharapkan bisa meningkatkan kualitas Liga Indonesia yang ujungnya dapat membentuk pemain-pemain elite untuk tim nasional. 

"Kami akan berkaja sama mengembangkan usia muda, manajemen liga dan klub, manajemen stadion, keamanan suporter, media, dan lisensi klub," tulis Erick Thohir. 

"Ini langkah nyata kami bekerja sama dengan salah satu liga terbaik dunia agar bisa meningkatkan kualitas liga dan menghasilkan pemain-pemain terbaik di tim nasional Indonesia," katanya menambahkan. 

Baca juga: TC Timnas Indonesia Hanya Dihadiri 8 Pemain, Erick Thohir Ingatkan Merah-Putih Lebih Tinggi dari Apa Pun

Ini bukan kerja sama pertama yang diwujudkan PSSI setelah Erick Thohir menjabat sebagai ketua umum. Sebelumnya, PSSI juga sudah menjalin kerja sama dengan JFA (Asosiasi Sepak Bola Jepang) pada Senin (22/5/2023). 

Kerja sama PSSI dan JFA menyepakati tiga poin, yakni yang pertama pengembangan sepak bola putri. 

Poin kedua yaitu benchmarking dalam hal manajemen tim nasional. Tujuannya adalah mendapatkan masukan tentang bagaimana tim nasional sepak bola Indonesia dapat dikembangkan.

Benchmarking akan dilakukan antara liga- liga di Indonesia dengan liga yang diselenggarakan di Jepang, termasuk liga utama mereka, atau J-League.

Kesepakatan yang ketiga adalah PSSI menggandeng JFA uuntuk memberikan dukungan perwasitan, termasuk mengirimkan wasit-wasit terbaik mereka ke Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com