Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persebaya Vs Arema FC: Joko Susilo Puji Kualitas Aji Santoso Jelang Derbi Jatim

Kompas.com - 11/04/2023, 13:30 WIB
Suci Rahayu,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Persebaya Surabaya versus Arema FC akan tersaji pada laga tunda pekan ke-28 Liga 1 2022-2023 di Stadion PTIK Jakarta, Selasa (11/4/2023) malam.

Laga sarat emosional bukan hanya bagi kedua tim dan pendukungnya. Duel ini pun menarik perhatian karena mempertemukan Joko Susilo dan Aji Santoso.

Pelatih Arema FC, Joko Susilo, memiliki hubungan cukup dekat dengan Pelatih Persebaya, Aji Santoso, baik saat aktif bermain ketika sama-sama membela Arema maupun saat meniti karier kepelatihan profesional.

Baca juga: Persebaya Mulai Umbar Janji untuk Musim Depan

Sosok Aji Santoso ibarat mentor bagi Joko Susilo. Bahkan keduanya pernah bahu-membahu bersama di Arema FC pada 2017 lalu.

Saat itu, Aji Santoso memegang kendali tim sebagai pelatih kepala. Ia didampingi Joko Susilo sebagai asisten pelatih.

Namun pada pertengahan musim, Aji Santoso memutuskan mengundurkan diri. Posisinya digantikan Joko Susilo hingga akhir musim.

Kedekatan itulah yang membuat Joko Susilo paham betul bagaimana kekuatan Persebaya di bawah tangan dingin seorang Aji Santoso.

“Saya dekat dengan Coach Aji, jadi waktu kemarin saya belum masuk Arema juga sering berdiskusi dan ngobrol. Jadi saya tahu kekuatan Persebaya,” ungkapnya.

Ia mengaku mengikuti perjalanan mantan pelatih Timnas Indonesia itu dalam membangun tim Persebaya.

Baca juga: Persebaya Vs Arema FC: Kubu Singo Edan Kaget Derbi Jatim Berlangsung di Jakarta

Menurutnya, kualitas Persebaya saat ini merupakan hasil tangan dingin Aji Santoso. Pelatih asal Kepanjen Kabupaten Malang itu tidak hanya andal meracik strategi tetapi juga jeli memilih pemain.

Hampir semua pemain pilihan Aji Santoso menonjol dan menjelma jadi bintang di Liga Indonesia.

“Memang Coach Aji membangun cukup lama dan menambah pemain-pemain yang cukup bagus juga. Saya sering diskusi dan juga respek dengan Coach Aji, kemampuan Persebaya selayaknya begini karena sudah dipersiapkan jauh-jauh hari,” tutur Joko Susilo.

Di sisi lain, laga ini dipastikan menjadi duel taktik antara kedua pelatih. Sebab kedua tim sama-sama tidak tampil full team karena beberapa pemain absen.

Arema FC kehilangan tiga pilar yakni Evan Dimas dan Adilson Maringa karena akumulasi kartu, serta bek Sergio Silva yang cedera.

Di kubu Persebaya kehilangan dua pemain belakang terbaiknya, Rizky Ridho dan Koko Ari, yang kontraknya sudah habis pada Maret 2023.

Menarik menantikan cara kedua pelatih mencari racikan terbaiknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com