Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zhang Beiwen, Atlet Bulu Tangkis yang Dulu Kerap Diinfus

Kompas.com - 22/02/2019, 18:40 WIB
Nugyasa Laksamana,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Berkat Abadi mendatangkan pebulu tangkis berkebangsaan Amerika Serikat, Zhang Beiwen, untuk memperkuat barisan tim putri pada Djarum Superliga Badminton 2019 yang berlangsung di Sasana Budaya Ganesha, (Sabuga), Bandung, 18-24 Februari.

Pemain yang kini menetap di Las Vegas, Amerika Serikat tersebut, terhitung telah menyumbangkan dua poin dari tiga pertandingan pada babak penyisihan Grup X. 

Zhang Beiwen mulai mengenal bulu tangkis ketika belum genap berusia tujuh tahun. Ketika kecil, Zhang yang lahir di kota Liaoning, China, menderita trakeitis atau infeksi di saluran trakea.

Baca juga: Tim Putri Jaya Raya Pastikan Tempat di Final Djarum Superliga 2019

Dia banyak menghabiskan masa kecilnya di rumah sakit. Bahkan, pernah satu kali dia harus tinggal di rumah sakit selama tiga bulan penuh.

"Selama di rumah sakit saya diinfus. Saking seringnya diinfus, tidak ada lagi tempat untuk memasukkan jarum di tangan dan kaki saya. Akhirnya jarum infus dipasang di kepala saya. Ayah saya setiap hari menangis karena sedih melihat kondisi saya," kata pemain kelahiran 12 Juli 1990 tersebut.

"Saya harus mengonsumsi obat setiap hari. Semua obat yang saya minum ditumbuk menjadi serbuk. Seingat saya, selama tiga tahun saya harus mengonsumsi obat secara rutin. Tetapi, ibu saya bilang lebih lama dari itu. Intinya, lama sekali," kata Zhang menambahkan.

Dengan maksud membuat tubuh anaknya lebih kuat, sang ibu akhirnya menyarankan Zhang untuk berolahraga. Pilihan pertama adalah berenang.

Namun, Zhang kecil hanya bertahan selama satu bulan. Dia mengaku tidak suka dengan air dan merasa tertekan setiap kali sang pelatih menyuruhnya masuk ke kolam.

Zhang lalu diajak berkunjung ke sekolah olahraga dan diberi kesempatan untuk memilih. Zhang sempat melihat bola basket dan bola voli.

Tetapi, pelatih yang ada di sana menyarankan agar dia tidak memilih kedua cabang tersebut karena ukuran badan Zhang tak tinggi.

"Saya juga melihat tenis meja dan olahraga lain, tetapi tetap tidak tertarik. Lalu saya melihat kok bulu tangkis. Sebelumnya saya tidak pernah tahu atau mendengar tentang bulu tangkis. Tetapi, ketika melihat kok bulu tangkis, saya langsung jatuh cinta, karena bentuknya yang aneh dan cantik," kata Zhang.

Pebulu tangkis tunggal putri Amerika Serikat, Zhang Beiwen.Dok. PB Berkat Abadi Pebulu tangkis tunggal putri Amerika Serikat, Zhang Beiwen.

"Ketika itu saya bermain untuk bersenang-senang, terutama supaya saya tidak sakit lagi. Ternyata benar, setelah rutin berolahraga saya mulai tidak marasakan sakit lagi. Badan saya semakin kuat. Setelah dua tahun berlatih, saya ikut turnamen di China. Itu merupakan satu-satunya turnamen di China yang saya ikuti."

Pada 2004, ketika berusia 14 tahun, Zhang memutuskan pindah ke Singapura. Zhang menyebut bahwa itu merupakan satu-satunya pilihan yang dia punya jika ingin meneruskan karier sebagai pemain bulu tangkis.

Tiga tahun kemudian, dia pindah warga negara dan mulai membela tim nasional Singapura. Namun pada 2012, dia pergi ke Amerika Serikat.

Awalnya, dia pergi ke San Francisco karena memiliki teman di sana. Dia lalu hijrah ke Las Vegas karena di sana ada klub bulu tangkis yang membuka peluang untuk Zhang bergabung. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com