Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Hasil Memuaskan di Tes Pramusim, Yamaha Sudah Tak Hilang Arah

Kompas.com - 09/02/2019, 18:22 WIB
Hanief Syafi Al Umam,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, menyebutkan bahwa saat ini timnya sudah tidak kehilangan arah setelah meraih hasil cukup memuaskan pada tes pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia.

Valentino Rossi menempati urutan ke-10 pada klasemen keseluruhan uji coba. Sementara itu, rekan setimnya, Maverick Vinales, berada di posisi kelima pada klasemen yang sama.

"Bagi saya, hal yang lebih besar (dari hasil klasemen) adalah saya bahagia dengan tim ini. Dua tahun terakhir kami seperti sedikit kehilangan arah," kata Rossi yang dilansir BolaSport.com dari Motorsport.

"Kami butuh waktu karena lawan-lawan sangat kuat, tetapi kami lebih optimistis," ucapnya.

Baca Juga : Andrea Dovizioso: Ducati Masih Memerlukan Sesuatu yang Lebih

Rekan satu tim Valentino Rossi, Maverick Vinales, juga menyetujui hal tersebut. Bahkan, Maverick Vinales menilai timnya kini semakin dekat dengan dua skuat rival, Honda dan Ducati.

"Dalam dua tahun terakhir, ini adalah tes pertama yang berhasil kami jalani dengan peningkatan dari hari ke hari. Hal itu yang terpenting, kinerja motor dari hari ke hari cukup konsisten," ujar Vinales yang dilansir BolaSport.com dari Motorsport.

"Tidak seperti tahun lalu, ketika motor bekerja dengan baik lalu buruk. Tiga hari ini, motor bekerja dengan cukup baik," kata Vinales lagi.

Maverick Vinales sempat merasakan pengalaman menjadi pebalap tercepat pada tes pramusim di Sepang tahun ini.

Tepatnya pada hari kedua, ia bahkan berhasil memecahkan catatan waktu putaran tidak resmi Sirkuit Internasional Sepang dengan 1 menit 58,897 detik.

Namun, catatan itu tidak bertahan lama. Selang satu hari, Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati) berhasil mengalahkan catatan waktu putaran Vinales tersebut dengan 1 menit 58,302 detik.

Meski pada akhirnya belum bisa menjadi yang terbaik, Vinales yakin bahwa Yamaha sudah kian dekat dengan Ducati dan juga Honda.

Baca juga: Optimisme Valentino Rossi di Balik Penampilan Tak Optimal di Sepang

Khusus untuk Honda, Vinales belum bisa berkomentar banyak karena mereka datang ke Sepang dengan kondisi tidak maksimal.

Marc Marquez menjalani uji coba dengan kondisi cedera bahu kiri yang belum 100 persen pulih, sementara Jorge Lorenzo terpaksa absen karena mendapat cedera di kaki kanannya.

"Tahun lalu, Honda dan Ducati berada beberapa langkah di depan kami (Yamaha). Kini, kami semakin dekat," kata Vinales.

Maverick Vinales dan rival-rivalnya akan kembali melakoni tes pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Internasional Losail, Doha, Qatar, pada 23-25 Februari mendatang.

Setelahnya, musim balap MotoGP 2019 akan resmi dibuka di sirkuit yang sama pada 8-10 Maret. (Diya Farida Purnawangsuni)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com