Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenang Persebaya Juara Liga Indonesia Dua Dekade Silam

Kompas.com - 25/11/2017, 20:45 WIB

KOMPAS.com - Persebaya berhasil meraih satu tiket promosi ke Liga 1 setelah menang dalam laga semifinal Liga 2 melawan Martapura FC, Sabtu (25/11/2017). Brace Irfan Jaya pada menit ke-25 dan 39 serta gol Rishadi Fauzi (59') membawa skuad Bajul Ijo menang 3-1 atas wakil Kalimantan tersebut, yang membalas satu gol lewat Reza Saputra pada menit ke-57.

Menjadi kontestan pertama yang lolos ke Liga 1 merupakan hadiah spesial bagi pecinta sepak bola di Surabaya dan pendukung Persebaya, Bonek, di seluruh Indonesia. Terlebih, momen kebahagiaan ini sedikit mengingatkan publik sepak bola Tanah Air akan kenangan 20 tahun yang lalu.

(Baca Juga: 4 Pelatih Papan Atas Ini Miliki Satu Guru yang Sama, Siapa Dia?)

Pada tahun 1997, Persebaya memenangi Liga Indonesia edisi 1996-1997. Tanggal 28 Juli tahun tersebut, Persebaya menaklukkan Bandung Raya dengan skor 3-1 pada laga pamungkas Liga Kansas (sebutan untuk Liga Indonesia III).

Musim itu merupakan musim spesial karena untuk pertama kalinya format kompetisi Perserikatan dan Galatama digabung. Skuad Persebaya waktu itu dikomandoi oleh pelatih (alm) Rusdy Bahlawan dan diperkuat sederet pemain apik sekelas Bejo Sugiantoro, Uston Nawawi, Aji Santoso dan Jacksen F Tiago.

20 tahun setelah momen tersebut, klub kebanggaan Kota Surabaya ini kembali mengalami momen spesial. Mereka kembali ke kasta tertinggi sepak bola di Tanah Air pada musim 2018.
 
Pertanyaan besar muncul, mampukah Persebaya mengulangi masa kejayaan seperti tahun 1997 dan 2004 kala menjuarai Liga Indonesia? Kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com