Perth Stadium Siap Sambut Chelsea - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dan Tourism Western Australia

Perth Stadium Siap Sambut Chelsea

Alek Kurniawan
Kompas.com - 26/09/2017, 16:29 WIB
Perth Stadium siap direncanakan selesai pembangunannya pada 2017 dan siap digunakan mulai awal 2018.www.designboom.com Perth Stadium siap direncanakan selesai pembangunannya pada 2017 dan siap digunakan mulai awal 2018.

KOMPAS.com – Pada pertengahan 2018 mendatang, Australia Barat akan kedatangan tamu spesial dari Inggris. Tamu tersebut merupakan salah satu klub sepak bola paling populer di negeri Ratu Elizabeth, yakni Chelsea FC.

Terakhir, kunjungan Chelsea ke negara bagian terbesar di Australia ini terjadi lebih dari 40 tahun silam, tepatnya pada 1974.

Kali ini, lawatan klub yang berasal dari kota London itu akan dinanti-nanti, tak hanya oleh warga Australia Barat, tetapi juga wisatawan yang merencanakan liburan ke sana.

Pada dasarnya, kedatangan Chelsea nanti adalah untuk melakoni laga persahabatan melawan klub lokal kota Perth, yakni Perth Glory.

Tahun 2015, The Blues sebenarnya juga menyambangi Australia untuk melaksanakan pertandingan persahabatan dengan klub Sydney FC. Saat itulah, Chelsea berhasil menumbangkan perlawanan tuan rumah dengan skor tipis 0-1. 

Pertandingan itu jadi bersejarah dan banyak diingat orang karena diadakan selang satu bulan setelah Chelsea mengangkat trofi Premier League untuk kali kelima.

Sampai saat ini, Chelsea telah sukses menambahkan trofi Premier League menjadi enam piala setelah menduduki peringkat teratas Liga Inggris pada musim 2016/2017.

Tak diragukan lagi, prestasi klub yang bermarkas di Stadion Stamford Bridge ini memang terus meningkat dalam kurun waktu 15 tahun.

Ditarik ke riwayatnya, pada rentang waktu tersebut, Chelsea telah menahbiskan diri menjadi klub tersukses di Premier League dengan torehan 14 trofi.

Chelsea menjuarai Premier League 2016-2017.  Ben STANSALL / AFP Chelsea menjuarai Premier League 2016-2017.

Di sisi lain, Perth Glory juga sebenarnya merupakan salah satu klub besar di Australia. Prestasi membanggakan yang telah ditoreh klub ini adalah tiga trofi yang berhasil disabet sejak 2012. 

Tiga trofi yang berhasil direngkuh tersebut berasal dari satu trofi A-League (liga sepak bola profesional Australia) dan dua FFA Cup (turnamen dengan format sistem gugur).

Torehan prestasi yang sudah dicapai kedua klub itu tentu akan membuat semarak laga persahabatan yang akan mereka lakoni pada Juli atau Agustus 2018 mendatang di negara 4 musim yang terdekat dengan Indonesia ini.

Stadion baru

Hal yang paling istimewa dari pertandingan persahabatan tersebut bukan hanya dari prestasi kedua klub, melainkan juga stadion yang akan digunakan nanti.

Ya, pertarungan antara Chelsea dan Perth Glory akan dilangsungkan di stadion baru kota Perth, Perth Stadium.

Berlokasi di semenanjung Burswood, sebelah Sungai Swan, Perth, stadion berkapasitas 60.000 penonton tersebut dibangun atas prakarsa pemerintah setempat untuk mengembangkan kawasan olahraga baru di Perth.

Selain untuk sepak bola, stadion ini juga disiapkan untuk mengadakan berbagai ajang olahraga, seperti Australian Football League (sepak bola gaya Australia), rugbi, dan kriket. 

Tak hanya itu, stadion yang mengusung konsep fans-first  atau mengutamakan penonton ini juga bisa digunakan sebagai tempat konser musik.

Stadion ini disiapkan untuk menyelenggarakan berbagai acara, termasuk Australian Football League (Sepakbola Gaya Australia), sepak bola, rugbi, kriket, konser musik dan sebagainya.www.designboom.com Stadion ini disiapkan untuk menyelenggarakan berbagai acara, termasuk Australian Football League (Sepakbola Gaya Australia), sepak bola, rugbi, kriket, konser musik dan sebagainya.

Seperti yang diwartakan Kompas.com, Rabu (23/7/2014), tempat itu memang direncanakan sebagai stadion serba guna yang bisa menjadi venue acara apa pun.

“Desainnya memenuhi persyaratan sebagai bangunan kelas dunia karena ini akan menjadi stadion serba guna. Fasilitas yang ada tidak hanya akan memberikan pengalaman yang luar biasa kepada penggemar, tetapi juga kemegahan tempat rekreasi," ujar Premier of Western Australia, Colin Barnett.

Ya, tentu saja tujuan lain dari pembangunan stadion adalah mendatangkan minat wisatawan untuk berkunjung.

“Saya senang sekali, klub sesukses Chelsea akan menjadi tim sepak bola internasional pertama yang bermain di Perth Stadium,” tambah Colin pada situs resmi Chelsea.

Ia juga berharap untuk bisa menyambut para penggemar yang datang ke Perth serta memberikan berbagai pengalaman luar biasa yang ditawarkan, baik oleh Perth sendiri maupun Australia Barat keseluruhan.

Dengan masa tempuh perjalanan udara yang hanya 4,5 jam, tentu penggemar sepak bola dari Indonesia pun bisa dengan mudah untuk datang ke pertandingan itu.

Selayaknya liburan, selain menyaksikan langsung pertandingan Chelsea melawan Perth Glory serta merasakan kemegahan Perth Stadium, Anda juga bisa menikmati ragam destinasi lain di Australia Barat

Bahkan tak hanya destinasi, ada juga pertunjukan seni, gaya hidup, serta alam yang menawan dan sayang untuk dilewatkan di negara yang memiliki empat jenis musim itu. Rasakan sendiri perjalanan #SuatuHaridiAustraliaBarat –Just another Day in Western Australia dan selamat membuat perencanaan liburan!

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisAlek Kurniawan
EditorDimas Wahyu
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM