Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Santos Kecipratan Rp 141 Miliar dari Megatransfer Neymar

Kompas.com - 05/08/2017, 18:07 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Transfer Neymar dengan biaya 222 juta euro (sekitar Rp 3,4 triliun) dari Barcelona ke Paris Saint-Germain (PSG), membuat klub lama Neymar, Santos, mendapatakan keuntungan. Klub Brasil itu kecipratan 9 juta euro (sekitar Rp 141,126 miliar).

Barcelona harus rela kehilangan penyerang berusia 25 tahun itu karena PSG menebus klausul pelepasannya. Ini membuat Neymar tercatat sebagai pemain termahal di dunia sepanjang sejarah sepak bola.

Baca Juga: Neymar Ungkap Motivasi Bermain di Barca dan Pindah ke PSG

Transfer secara resmi terjadi pada Kamis (3/8/2017), setelah pihak Neymar datang langsung ke Barcelona untuk membayar klausul tersebut. Tak sampai 24 jam, Neymar diperkenalkan kepada publik di Parc des Princes, markas klub raksasa Liga Perancis itu.

Rupanya megatransfer kapten timnas Brasil ini memberikan sedikit keuntungan bagi Santos, yang melepas Neymar ke Barcelona pada Juli 2013, karena mereka mendapat 9 juta euro.

Baca Juga: Presiden PSG: Harga Neymar Tidak Mahal...

Jumlah tersebut cukup besar untuk ukuran tim Amerika Selatan. Tetapi angka itu cuma hampir sama dengan gaji Neymar dalam 16 pekan karena PSG membayarnya sekitar 570.000 euro (sekitar Rp 8,937 miliar) per pekan.

Walaupun gajinya melonjak sangat drastis, Neymar mengungkapkan bahwa keputusannya pindah ke PSG bukan demi uang. Dia mengaku ingin mencari tantangan baru.

"Itu adalah salah satu keputusan paling sulit yang pernah saya buat. Tetapi saya merasa inilah saat yang tepat untuk pergi dan mencari sesuatu yang berbeda," ujar Neymar seperti dikutip dari Thesun.co.uk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com