Gol Pertama Real Madrid Serupa Gol Henry ke Gawang Cech - Kompas.com

Gol Pertama Real Madrid Serupa Gol Henry ke Gawang Cech

Ferril Dennys
Kompas.com - 15/05/2017, 06:29 WIB
CESAR MANSO / AFP Bek Real Madrid, Nacho Fernandez (kiri), merayakan golnya seusai membobol Sevilla pada 14 Mei 2017.

MADRID, KOMPAS.com - Pertandingan La Liga antara Real Madrid dan Sevilla di Stadion Santiago Bernabeu, Minggu (14/5/2017) atau Senin dini hari WIB, membuka mata publik soal pemahaman terkait aturan tendangan bebas.

Pertandingan tersebut dimenangi Real Madrid dengan skor 4-1. Empat gol El Real ditorehkan Nacho Fernadez (10'), Cristiano Ronaldo (23;, 78'), dan Toni Kroos. Adapun gol semata wayang Sevilla dikemas Stevan Jovetic pada menit ke-49.

Gol pertama Madrid yang diciptakan Nacho melalui tendangan bebas cepat sempat mendapatkan protes dari pemain Sevilla.

Awalnya, Marco Asensio dijatuhkan lawan di depan kotak penalti tim tamu. Wasit Alberto Undiano lalu memberi tendangan bebas kepada Real Madrid.

Setelah itu, Nacho beraksi seperti pencuri. Dia dengan cepat menempatkan bola dan menendang si kulit bulat ke pojok kanan bawah gawang Sevilla.

Kiper Sevilla, Sergio Rico, hanya terperangah melihat bola masuk ke gawangnya.

Setelah itu, ada protes dari para pemain Sevilla tetapi gol tersebut tetap disahkan Undiano.

Cara Nacho mengeksekusi tendangan bebas cepat atau yang disebut quick free kick tidak melanggar Laws of the Game. Bagaimanapun, tim dalam posisi menyerang berstatus diuntungkan ketika pelanggaran dilakukan.

Tendangan bebas membutuhkan peluit jika ada insiden yang membuat laga harus berhenti sejenak seperti pergantian pemain, wasit memberi kartu, penanganan cedera, dan wasit membutuhkan waktu untuk mengontrol pemain.

Si penendang juga boleh tidak melakukan tendangan bebas secara langsung setelah meminta wasit untuk mengatur pagar betis. Setelah berbicara dengan wasit, pemain diperbolehkan menendang bola seusai peluit ditiup wasit.

Pelatih Madrid, Zinedine Zidane, menyatakan bahwa tak ada yang salah dengan cara Nacho mencetak gol.

"Gol Nacho? Hal semacam ini bisa terjadi. Dia menendang dengan cepat dan saya senang atas apa yang dilakukannya," kata Zidane.

"Biasanya yang mengeksekusi tendangan bebas penyerang tetapi dia yang melakukannya. Saya senang," tuturnya menambahkan.

Usaha serupa Nacho pernah dilakukan penyerang Arsenal, Thierry Henry, ke gawang Chelsea pada 2005. Saat itu, Henry berbicang dengan wasit Graham Poll, sementara kiper Chelsea, Petr Cech, sibuk mengatur barisan pagar betis.

Pemain Chelsea, Eidur Gudjohnsen, yang bertugas menjaga bola mengetahui isi pembicaraan Henry dengan wasit soal kemungkinan tendangan bebas cepat. Pemain Chelsea asal Islandia lalu memberi peringatan kepada rekannya agar bersiap.

Hanya, Gudjohnsen terpancing mundur yang membuat Henry bebas melepaskan tembakan. Alhasil, bola hasil tembakan Henry berhasil bersarang ke sisi kiri gawang Arsenal.

Henry dan Poll lalu menjadi sasaran kritik dari suporter Chelsea. Namun, gol itu tetap sah. 

Di dalam negeri, kapten Persib, Atep, pernah mencetak gol dari proses tendangan bebas cepat, meski tak identik dengan sepakan Nacho.

Saat melawan New Radiant pada AFC Cup 2015, Tantan dijegal di dekat kotak penalti yang membuat Persib otomatis mendapat tendangan bebas langsung.

Saat pemain New Radiant belum siap, Makan Konate dengan cepat memberikan bola dengan M Ridwan.

Dia lalu mengecoh kiper tim tamu dan memberikan bola kepada Atep. Sang kapten yang dikawal oleh sejumlah pemain lawan berhasil mencocor bola masuk ke dalam gawang lawan.

PenulisFerril Dennys
EditorJalu Wisnu Wirajati
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM