Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagal ke Piala Eropa, Robben Pikirkan Piala Dunia

Kompas.com - 10/11/2015, 08:08 WIB


MUENCHEN, KOMPAS.com
- Arjen Robben membidik Piala Dunia 2018 sebagai turnamen yang harus diikutinya, setelah gagal mengantarkan Belanda lolos ke putaran final Piala Eropa 2016. 
 

Belanda gagal ke putaran final Piala Eropa 2016 lantaran tersisih di fase grup. De Oranje finis di belakang Islandia, Republik Ceko, dan Turki yang dipastikan lolos otomatis ke Perancis tahun depan. 

Kegagalan itu ternyata masih meyesakkan bagi Robben. Pemain Bayern Muenchen itu sama sekali tak pernah membayangkan Belanda bisa kandas sejak dini. 

“Aku tak pernah berpikir kami akan gagal ke Piala Eropa 2016. Ketika terjadi, kami sulit memahaminya,” kata Robben kepada Metro Nieuws, Senin (9/11/2015), 

Menurut Robben, kegagalan ke Piala Eropa 2016 memengaruhi kondisi psikologis para pemain Belanda, termasuk dirinya. Sebab, untuk sebagian pemain, turnamen tahun depan bisa jadi merupakan yang terakhir bersama De Oranje. 

“Namun, aku percaya akan bisa tampil di Piala Dunia 2018. Jika tidak, mungkin aku akan memilih pensiun,” tutur pemain berusia 31 tahun itu. 

Robben sudah kenyang pengalaman bersama De Oranje sejak usia 19 tahun. September lalu, dia ditunjuk menjadi kapten tim oleh pelatih Danny Blind.  


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com