Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Van Gaal Mirip Sir Alex Ferguson"

Kompas.com - 20/07/2015, 21:23 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

MANCHESTER, KOMPAS.com — Legenda Manchester United, Bryan Robson, menyebut pelatih Setan Merah, Louis Van Gaal, memiliki kemiripan dengan Sir Alex Ferguson dalam menangani sebuah tim.

Menurut Robson, sifat Van Gaal yang tegas dalam mengambil keputusan selama menukangi Manchester United merupakan hal yang bagus dan bermanfaat bagi masa depan klub.

"Sangat mirip dengan Sir Alex Ferguson. Louis Van Gaal adalah pelatih yang sangat sukses. Dia sangat keras dalam mengambil keputusan, dan itu merupakan pelatih yang bagus," ujar Robson.

"Pada saat-saat tertentu, seorang pelatih harus membuat keputusan besar. Itulah yang dia lakukan dalam melakukan pekerjaan sebagai pelatih. Anda harus tegas," lanjut Robson.

Robson memang benar. Terbukti pada musim panas ini, Van Gaal telah membuat sejumlah keputusan penting untuk klub asuhannya, termasuk melepas Robin van Persie ke Fenerbahce.

Saat masih menjadi pemain, Robson merupakan penggawa Manchester United yang berposisi sebagai gelandang. Dia berseragam Manchester United mulai 1981 hingga 1994. Robson mengakhiri kariernya pada 1998 di Middlesbrough.

Bersama Setan Merah, Robson sukses merengkuh dua gelar Premier League, tiga Piala FA, satu Piala Liga Inggris, tiga Community Shield, satu Piala Winners, dan satu Piala Super Eropa.

Sama seperti Van Gaal, kini Robson berprofesi sebagai pelatih. Namun, saat ini ia tidak sedang melatih tim mana pun. Robson tercatat sempat menukangi West Brom, Sheffield United, dan terakhir menangani tim nasional Thailand pada 2009 hingga 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com