Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Diberi Kemenangan 3-0 akibat Ulah Suporter Montenegro

Kompas.com - 09/04/2015, 02:05 WIB
KOMPAS.com - UEFA memberikan kemenangan 3-0 bagi Rusia atas Montenegro, setelah laga kualifikasi Piala Eropa 2016 yang berlangsung bulan lalu terpaksa ditunda karena kerusuhan penonton. Bahkan, kiper Rusia Igor Akinfeev menjadi korban karena kepalanya terkena lemparan flare dari arah penonton, yang membuat rambutnya terbakar.

Sejak awal pertandingan kualifikasi Grup G itu, suasana sudah tidak kondusif. Insiden yang membuat Akinfeev terpaksa segera dilarikan ke rumah sakit itu terjadi pada menit pertama, sehingga laga sempat ditunda selama lebih dari setengah jam.

Namun masalah muncul lagi setelah Rusia mendapat penalti, yang gagal dieksekusi Roman Shirokov. Para penonton melakukan pelemparan ke lapangan dan suasana di tribun pun nyaris tak terkendali, sehingga wasit memutuskan untuk menunda pertandingan.

Persatuan Sepak Bola Rusia (RFU) mengatakan bahwa mereka akan mengajukan protes secara resmi kepada UEFA. Dan, badan tertinggi sepak bola Eropa itu memutuskan bahwa tim besutan Fabio Capello ini berhak mendapatkan tambahan tiga poin.

UEFA juga memutuskan bahwa Montenegro akan menjalani laga kualifikasi berikutnya melawan Liechtenstein tanpa penonton, begitu juga dengan satu laga kandang berikutnya. Selain itu, Montenegro juga menjalani masa percobaan selama dua tahun.

Tak cuma hukuman larangan bermain tanpa penonton dan kehilangan poin dari laga tersebut. Montenegro juga dijatuhi denda 50.000 euro (sekitar Rp 700,664 juta).

Meskipun mendapat tambahan tiga poin dari laga ini, yang membuat mereka mengumpulkan total delapan angka, Rusia masih berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup G. Mereka berada di bawah Austria (13 poin) dan Swedia (9). Sementara itu Montenegro berada di peringkat keemapt dengan raihan lima poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com