Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Messi Masih di Barcelona karena Janjinya kepada Vilanova

Kompas.com - 08/01/2015, 20:58 WIB
KOMPAS.com - Mantan asisten pelatih Barcelona, Henk Ten Cate, merasa yakin Lionel Messi sudah meninggalkan klub raksasa Liga Spanyol itu jika dia tak menepati janji yang ucapkannya kepada Tito Vilanova. Dia pun merasa yakin, striker mungil asal Argentina itu akan hengkang dari Camp Nou.

Spekulasi mengenai masa depan Messi santer beredar menyusul kurang harmonisnya hubungan dia dengan pelatih Luis Enrique. Apalagi suasana di Camp Nou pun ditengarai sedang memanas, yang berujung pada perginya Andoni Zubizarreta dan Carles Puyol, serta dimajukannya pemilihan presiden pada musim panas ini.

Padahal sebelumnya, Messi menikmati hubungan yang bagus dengan Vilanova - yang meninggal dunia pada April 2014 setelah bergelut dengan sakit kanker. Ten Cate mengklaim Messi bertahan di Barca karena dia sudah berjanji kepada bos lamanya tersebut.

Namun, menurut pria asal Belanda tersebut, Messi akan meninggalkan Camp Nou jika ada tawaran terbaik dan menarik kepadanya.

"Sejauh yang saya tahu, semua masalah ini mulai sekitar dua tahun lalu. Messi hanya masih di Barcelona karena dia berjanji kepada Tito Vilanova di ranjang kematiannya," ujar Ten Cate kepada De Telegraaf.

"Namun saya pikir transfer akan terjadi jika ada tawaran terbaik. Lionel sudah lama berada di Barcelona dan dia membutuhkan tantangan baru. Sekarang dia masih sangat mahal, tetapi nilainya akan turun mulai dari sini."

"Saya ingin mendukung, karena dia berada di level lain 10 tahun lalu. Tetapi saya tak yakin dia kembali ke performa terbaiknya."

"Tak normal bersinar selama 10 tahun seperti yang sudah dilakukannya. Kebanyakan para nama besar hanya bisa menjaganya selama tujuh atau delapan tahun. Jujur, musim lalu dia tak berada dalam kondisi terbaik, bahkan jika statistiknya masih bagus."

Ten Cate merupakan asistsen Frank Rijkaard di klub kebanggaan publik Catalan ini ketika Messi melakukuan debutnya pada musim 2004/05.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com