Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Rekor Piala Dunia Pecah di Brasil

Kompas.com - 02/07/2014, 16:16 WIB
KOMPAS.com - Piala Dunia 2014 dianggap sebagai salah satu yang paling mendebarkan dalam sejarah turnamen tersebut yang dibuktikan oleh sejumlah fakta mencengangkan, mulai dari rekor gol sampai pemain tertua yang turun bermain di lapangan.

Ini adalah enam pemecahan rekor pada Piala Dunia 2014, menurut BBC.

1. Rekor media sosial

Piala Dunia ini menjadi tonggak perhelatan bagi media sosial di mana Twitter dan Facebook mencatat jumlah interaksi tertinggi.

Sekitar 16,4 juta tweet dikirimkan ketika Brasil menang adu penalti melawan Chile, termasuk 388.985 tweet pada saat-saat terakhir adu penalti yang dramatis ketika pemain Chile Gonzalo Jara gagal pada tendangan penalti terakhir yang menentukan. Itu adalah momen yang paling banyak di-tweet dalam sejarah media sosial.

Jumlah "kicauan" Twitter itu melampaui 382.000 tweet per menit selama Super Bowl 2014 di AS dan 327.452 tweet pada malam Pemilu AS 2012.

Facebook, selama Piala Dunia, juga mencatat rekor interaksi satu miliar untuk pertama kalinya dalam 10 tahun sejarah media sosial ini.

2. Jumlah gol

Jika dilihat dari jumlah gol yang tercipta, maka Piala Dunia kali ini adalah salah satu yang paling menghibur dengan 136 gol tercipta pada fase grup. Ini enam gol lebih banyak dari rekor gol fase grup Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korea Selatan.

Kecenderungan ini berlanjut sampai ke babak gugur di mana gol lewat sundulan dari Paul Pogba ke gawang Nigeria menjadi gol ke-146 atau satu gol lebih banyak dari total gol turnamen edisi 2010 di Afrika Selatan, yang merupakan rekor gol terendah sejak Piala Dunia berubah ke format 64 pertandingan.

3. Mondragon kalahkan Milla sebagai pemain tertua

Kolombia menikmati penampilan terbaiknya pada sebuah Piala Dunia dengan memenangi empat pertandingan pertamanya untuk maju ke perempat final yang adalah pertama kali tercipta dalam sejarah mereka.

Mereka juga kini mempunyai pemain tertua dalam sejarah Piala Dunia ketika pemain mereka yang berusia 43 tahun, penjaga gawang Faryd Mondragon, mengalahkan rekor sebelumnya atas nama Roger Milla yang pada Piala Dunia 1994 mewakili Kamerun dalam usia 42.

Mondragon menjadi pemain pengganti ketika menang 4-1 dari Jepang, tiga hari setelah merayakan ulang tahunnya. Penampilannya itu adalah yang pertamanya sejak 2005.

4. Dari Papastathopoulos sampai Jo

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com