Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalah dari Jerman, AS Tetap Lolos ke Perdelapan Final

Kompas.com - 27/06/2014, 00:55 WIB
RECIFE, KOMPAS.com — Jerman berhasil menaklukkan Amerika Serikat dengan skor tipis 1-0 pada laga pamungkas penyisihan Grup G Piala Dunia 2014 di Arena Pernambuco, Recife, Kamis (26/6/2014). Meski demikian, AS berhak maju ke babak 16 besar untuk mendampingi Jerman yang lolos dengan status juara grup.

Keberuntungan menaungi AS karena, pada laga lain, Portugal hanya menang 2-1 atas Ghana. Meskipun Portugal juga mengantongi empat poin seperti AS, tetapi langkah Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan terhenti lantaran mereka kalah selisih gol. Portugal harus menang dengan skor 5-1 untuk menyingkirkan AS.

Pada perdelapan final, Jerman akan menghadapi runner-up Grup H pada 30 Juni mendatang di Porto Alegre, sedangkan AS bertemu juara Grup H pada 1 Juli di Salvador de Bahia.

Jerman bermain agresif sejak peluit kick-off berbunyi. Akan tetapi, serangan yang dibangun Mesut Oezil dan kawan-kawan selalu gagal oleh rapatnya pertahanan AS, begitu juga dengan penampilan kiper Tim Howard, yang beberapa kali menggagalkan tembakan jarak jauh pasukan Der Panzer.

AS bukannya tanpa peluang. Pada menit ke-22, tim besutan Juergen Klinsmann ini memberikan sebuah ancaman. Berawal dari serangan balik, Fabian Johnson menyodorkan umpan kepada Graham Zusi yang menyisir sayap kiri. Sayang, tendangan Zusi tipis di atas mistar gawang.

Setelah itu, Jerman kembali mengambil alih kendali permainan. Akan tetapi, seperti pada awal pertandingan, usaha tim besutan Jaochim Loew ini tak kunjung membuahkan hasil sehingga babak pertama berakhir tanpa gol.

Pada babak kedua, Jerman tetap bermain agresif. Gol pun tercipta pada menit ke-55 lewat tendangan Thomas Mueller dari luar kotak penalti. Gol tersebut berawal dari sundulan Per Mertesacker hasil menyambut umpan tendangan pojok Oezil, yang kemudian dihalau Howard. Mueller me-rebound bola tersebut dari luar kotak penalti untuk mencetak gol keempatnya pada turnamen ini.

Jerman semakin nyaman melakoni pertandingan ini karena mereka kian pasti ke babak 16 besar. Sementara itu, AS terus berupaya mencari gol balasan karena hanya bermain imbanglah yang membuat mereka lolos tanpa harus menunggu hasil pertandingan lain antara Portugal dan Ghana.

Namun, berbagai upaya yang dilakukan gagal meruntuhkan dominasi Jerman yang justru terus menebar ancaman. Beruntung bagi AS, tak ada gol tambahan hingga laga berakhir sehingga mereka hanya kalah 0-1.

Susunan pemain

Amerika Serikat: 1-Tim Howard; 3-Omar Gonzalez, 5-Matt Besler, 7-DaMarcus Beasley, 23-Fabian Johnson; 4-Michael Bradley, 13-Jermaine Jones, 14-Brad Davis (Alejandro Bedoya 59'), 15-Kyle Beckerman, 19-Graham Zusi (DeAndre Yedlin 84'); 8-Clint Dempsey
Pelatih: Juergen Klinsmann

Jerman: 1-Manuel Neuer; 4-Benedikt Howedes, 5-Mats Hummels, 17-Per Mertesacker, 20-Jérome Boateng; 7-Bastian Schweinsteiger (Mario Goetze 76'), 16-Philipp Lahm, 18-Toni Kroos; 8-Mesut Oezil; 10-Lukas Podolski (Miroslav Klose 46'), 13-Thomas Mueller
Pelatih: Joachim Loew

Wasit: Ravshan Irmatov

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com