Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wawancara Eksklusif Edgar Davids: Dari "Pitbull" hingga Conte

Kompas.com - 25/06/2014, 21:08 WIB
Okky Herman Dilaga

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan pemain asal Belanda, Edgar Davids, berkunjung ke Indonesia dalam peresmian rencana kedatangan Juventus. Davids datang sebagai duta dari I Bianconeri.

Pihak promotor, Nine Sport, mengadakan konferensi pers di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu (25/6/2014), untuk mengumumkan kedatangan Juventus nanti.

Kompas.com mendapat kesempatan wawancara langsung dengan Davids. Selain bersama Davids, ada juga wawancara khusus dengan Head of Global Partnerships Juventus, Nicola Verdun.

Juventus direncanakan bakal menggelar pertandingan melawan Indonesia Super League (ISL) All Star di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, 6 Agustus mendatang.

Berikut ini adalah wawancara Kompas.com dengan Davids dan Verdun:

Kompas.com (K): Anda sudah pensiun sebagai pemain. Namun, semasa menjadi pesepak bola, Anda terkenal memiliki julukan "Pitbull". Siapa yang kali pertama menjuluki Anda dengan sebutan itu?
Davids (D): (Tertawa) Louis van Gaal orangnya. Dia yang menyebut saya dengan julukan itu. Mungkin, dia melihat saya sebagai sosok pemain tak kenal lelah ketika bertanding. Saya cukup tersanjung mendapat penilaian baik di mata Van Gaal.

K: Sebagai mantan pemain Juventus, kira-kira bagaimana peluang klub ini untuk menjadi juara pada musim depan?
D: Saya rasa Juventus masih akan menjadi klub terkuat di Italia. Paling tidak, Juventus bisa meraih dua gelar pada musim depan. Serie-A bisa kembali dipertahankan. Coppa Italia paling realistis direbut ketimbang Liga Champions. Sebab, kompetisi Liga Champions sangat ketat. Bila saya memilih, saya akan lebih suka menjadi juara Serie-A dan Liga Champions.

K: Antonio Conte disebut-sebut tidak akan bertahan lama sebagai pelatih Juventus. Bagaimana Anda melihat mengenai masa depan Conte di Juventus?
D: Setahu saya, pihak manajemen Juventus menargetkan dua gelar pada musim depan. Saya pikir, itu akan menjadi tantangan bagi Conte. Skuad Juventus cukup kuat untuk bersaing merebut dua gelar tersebut. Jadi, masa depan Conte mungkin saja tergantung prestasi yang didapat pada musim depan.

K: Antonio Conte diberitakan akan mengubah formasi 3-5-2 menjadi 4-3-3 pada musim depan. Menurut Anda, bisakah Juventus memainkan formasi baru tersebut?
D: Semua itu tergantung dari komposisi pemain yang dimiliki. Saat ini, mungkin opsi terbaik adalah tetap bermain dengan formasi 3-5-2. Juventus belum memiliki penyerang sayap mumpuni dalam sistem 4-3-3. Lagi pula, strategi tersebut cukup riskan di lini belakang. Saya lebih memilih 3-5-2 karena strategi itu lebih baik dalam bertahan. Juventus memiliki tiga bek tangguh dan bisa dibantu dua pemain sayap saat bertahan.

K: Apa keuntungan bagi Juventus merencanakan tur ke kawasan Asia Tenggara dan Australia pada musim panas ini?
Nicola Verdun (V): Hal utama dari rencana ini adalah menambah para pendukung setia Juventus. Kami memiliki basis pendukung yang sangat besar di Indonesia dan negara-negara Asia lainnya. Hal tersebut sangat bagus untuk mengembangkan sisi bisnis Juventus.

K: Beberapa klub besar Eropa sudah membangun sekolah sepak bola di Indonesia. Apakah Juventus tertarik melakukan hal yang sama?
V: Tentu saja. Indonesia merupakan pangsa pasar yang besar dan menarik. Juventus akan senang bila bisa membangun sekolah sepak bola di Indonesia. Hal itu sudah dipikirkan pihak klub. Namun, saya belum bisa memastikan kapan hal ini akan terwujud. Yang jelas, ada kemungkinan besar Juventus membangun sekolah sepak bola di Indonesia.

K: Kembali ke Italia. Juventus merupakan satu-satunya klub Italia yang memiliki stadion sendiri. Menurut Anda, seberapa besar keuntungan sebuah klub memiliki stadion sendiri?
V: Tentu saja, Stadion Juventus banyak memberikan dampak positif bagi klub. Bayangkan, Juventus bisa meraup banyak keuntungan dari penjualan tiket. Ini sama dengan yang terjadi di Inggris. Para pendukung juga menikmati setiap pertandingan karena jarak antara tribune dan lapangan sangat dekat. Stadion Juventus memiliki banyak fasilitas, termasuk tur museum. Pembangunan Stadion Juventus adalah hal yang bagus dalam segi bisnis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com