Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Musuh Bersama" Brasil Tidak Diundang ke Piala Dunia

Kompas.com - 12/06/2014, 10:43 WIB
SAO PAULO, KOMPAS.com — Alcides Ghiggia, pemain yang menciptakan gol kemenangan Uruguay pada Piala Dunia 1950, kelihatannya akan absen dari acara pembukaan dan pertandingan pertama turnamen 2014 di Brasil karena FIFA tidak mengundangnya sebagai tamu.

"Saya tidak akan pergi ke turnamen itu karena saya tidak memiliki tiket," kata Ghiggia yang kini berusia 87 tahun, ketika media menanyakan apakah ia akan menyaksikan pertandingan pembuka pada Kamis antara tuan rumah Brasil melawan Kroasia di Sao Paulo.

Ghiggia, satu-satunya pemain yang masih ada dari anggota tim yang mengalahkan Brasil 2-1 pada final Piala Dunia 1950 di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, pada 16 Juli 1950. Ini merupakan Piala Dunia kedua buat Uruguay setelah 1930.

Sementara buat rakyat Brasil, peristiwa ini dianggap sebagai peristiwa terburuk dalam sejarah bangsa ini dan selalu ingin mereka lupakan. Persitiwa ini dikenal dnegan istilah "Maracanazo". Gigghia dan rekan-rekannya di timnas Uruguay langsung menjadi sekelompok orang yang paling dibenci rakyat Brasil.
 
Ghiggia merupakan undangan khusus dalam acara pengundian yang dilakukan di Bahia pada Desember lalu, tetapi kali ini ia mengeluh karena diabaikan panitia penyelenggara.
"Ini untuk pertama kalinya hal ini terjadi," katanya kepada wartawan di luar Kongres FIFA, Rabu.

"Saya hadir di Jerman (Piala Dunia 2006) dan Afrika Selatan (2010), saya juga ada di Bahia dan mereka melayani saya dengan naik. Pasti para pekerja FIFA yang tidak tahu apa yang harus mereka kerjakan," ungkapnya.

Presiden FIFA Sepp Blatter akan ditanyakan mengenai hal ini dalam temu pers yang akan diadakan pada akhir kongres itu. Kongres ke-64 FIFA diadakan 24 jam sebelum pembukaan turnamen Piala Dunia dan pertandingan Brasil melawan Kroasia di Grup A.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com