Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enrique Kian Dekat ke Barcelona

Kompas.com - 13/05/2014, 04:53 WIB
KOMPAS.com -- Pelatih Celta Vigo Luis Enrique kian dekat dengan pintu Camp Nou untuk menjadi pelatih Barcelona. Pasalnya, telah terjadi pertemuan antara dirinya dengan Direktur Olahraga Barca Andoni Zubizarreta di rumahnya pada pekan lalu.

Mantan bos Barca B ini, yang bermain bagi The Catalans antara 1996 dan 2004, memang digadang-gadang bakal menjadi "entrenador" baru untuk menggantikan Gerardo "Tata" Martino. Indikasi itu kian kuat dengan adanya pertemuan antara dia dan pihak klub di rumahnya di pinggir laut di Gava.

Menurut Goal, kini Enrique berada di posisi terdepan untuk menjadi pelatih baru Barca pada akhir musim nanti. Apalagi Gerardo Martino memang sudah tak kerasan lagi menyusul serangkaian masalah yang membekapnya, mulai dari kontroversi perpindahan Neymar dari Santos, pengunduran diri Sandro Rosell, dan kematian tragis mantan bos Tito Vilanova akhir bulan lalu.

Enrique sempat dipertimbangkan untuk menjadi pelatih ketika Vilanova mundur dengan alasan kesehatan pada bulan Juli lalu. Akan tetapi mantan pelatih AS Roma itu sudah menerima pinangan Celta Vigo, sehingga Barca akhirnya menunjuk Martino.

Prestasi Enrique bersama Celta mengundang decak kagum pihak Barca. Apalagi setelah mereka menaklukkan Real Madrid 2-0 pada Minggu (11/5/2014), yang membuat Celta berada di peringkat kedelapan klasemen sementara Primera Division, sekaligus mendepak Madrid dari persaingan memperebutkan gelar.

Sebelumnya, Enrique telah menepis kemungkinan untuk pindah ke Camp Nou. Akan tetapi pada hari Minggu, mantan gelandang tim nasional Spanyol ini mengatakan: "Saya senang bila Barcelona menjuarai La Liga. Saya tak punya alasan untuk menyembunyikan itu."

Ditanya tentang Enrique setelah timnya bermain imbang 0-0 melawan Elche, Zubizarreta mengatakan "Luis Enrique adalah pelatih hebat untuk Celta dan saya tidak ingin berbicara tentangnya ketika kami sedang bertarung untuk La Liga."

Zubizarreta sebenarnya sudah punya rencana untuk menunjuk Ernesto Valverde, tetapi bos Athletic Bilbao itu mengatakan kepada mantan rekannya bahwa dia bahagia di San Mames setelah mereka meraih tiket menuju Liga Champions musim depan. Karena itu, Zubizarreta mengalihkan perhatiannya kepada Enrique.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com