Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalah 1-5 dari Iran, Indonesia Dipuji Berkembang

Kompas.com - 01/05/2014, 05:18 WIB
Okky Herman Dilaga

Penulis

Sumber AFC
HO CHI MINH, KOMPAS.com -- Tim nasional futsal Indonesia menelan kekalahan 1-5 dari Iran pada laga perdana Grup B Piala Futsal Asia 2014 di Stadion Universitas Ton Duc Thang, Ho Chi Minh, Rabu (30/4/2014).

Pada babak pertama, Indonesia sudah tertinggal empat gol dari Iran lewat lesakan Hossein Tayebi (8), Farhad Tavakoli (17 dan 17), dan Ali Asghar Hassanzadeh (18).

Sepuluh menit babak kedua berlangsung, Andri Kustiawan sempat membuat gol untuk Indonesia. Namun, dua menit jelang laga usai, Vahid Shafiei menutup laga untuk kemenangan Iran 5-1.

Kendati menang, pelatih Iran, Jesus Candelas, memuji permainan Indonesia. Menurut dia, Indonesia secara tidak terduga mampu merepotkan Iran yang merupakan 10 kali juara futsal di Asia.

"Kami tahu akan menang dan kami bermain dengan mengerahkan 110 persen kemampuan. Indonesia berjuang keras dan beberapa kali menyulitkan kami. Hal ini bagus untuk futsal Asia saat ada tim-tim yang berkembang," jelas Candelas.

Sementara bagi pelatih Indonesia, Andri Irawan, kekalahan ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah konsentrasi. Namun, Andri tetap mengapresiasi kinerja Yos Adi Wicaksono dkk.

"Saya menginstruksikan para pemain untuk berjuang sampai akhir. Kami tetap bermain dan berjuang sampai akhir. Laga ini bagus untuk kami yang memberikan Iran pertandingan baik," jelas Andri.

"Kami hanya kalah karena apa yang terjadi pada akhir babak pertama dan akhir babak kedua. Pada akhir babak pertama, kami kehilangan konsentrasi, dan sempat menciptakan peluang namun tidak mencetak gol," ujar Andri.

Indonesia masih bisa berpeluang lolos dari penyisihan grup. Pada laga lain, Australia menang 2-1 atas Tiongkok. Dalam pertandingan berikut, Indonesia akan menghadapi Australia (2/5/2014) dan Tiongkok (4/5/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com