Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taklukkan Valladolid 3-0, Atletico ke Puncak Klasemen

Kompas.com - 15/02/2014, 23:55 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Atletico Madrid memuncaki klasemen sementara La Liga berkat kemenangan 3-0 atas Valladolid, Sabtu (15/2/2014), di Vicente Calderon. Los Rojiblancos kini mengumpulkan total 60 poin sehingga menggeser Barcelona dan Real Madrid, yang tertinggal tiga angka.

Namun posisi Atletico belum aman, karena Barca dan Madrid belum bermain. Jika Barca mampu menaklukkan tamunya, Rayo Vallecano, pada Minggu (16/2) dini hari WIB maka mereka akan kembali ke puncak. Sedangkan Madrid harus menang minimal dengan skor 2-0 saat tandang ke markas Getafe, Minggu waktu setempat untuk bisa menggeser rival sekotanya tersebut.

Atletico, yang mengalami masa sulit dalam dua pekan terakhir, mengawali pertandingan dengan sangat bagus karena laga baru berjalan empat menit, mereka sudah unggul 2-0. Gol pertama yang dicetak Raul Garcia terjadi pada menit kedua melalui set-piece yang bagus di depan kotak penalti.

Pemain belakang Valladolid melakukan pelanggaran terhadap Diego Costa di depan kotak penalti, yang menghasilkan tendangan bebas. Gaby tak mengeksekusi si kulit bundar langsung ke arah gawang, tetapi mengumpannya ke depan kotak penalti, yang langsung disambar Garcia. Bola datar yang melesak ke pojok kiri bawah gawang tak bisa dijangkau kiper tim tamu, Marino.

Belum hilang keterkejutan kubu Valldolid akibat gol cepat itu, mereka kembali terhenyak karena semenit berselang jala gawang Marino kembali bergetar. Kali ini Costa yang memanfaatkan kesalahan barisan belakang Valladolid karena dari luar kotak penalti, dia melakukan tendangan melambung sehingga bola tak bisa dijangkau Marino yang sudah out of position lantaran keluar dari sarangnya untuk menutup gerakan Costa.

Setelah itu, Valladolid berusaha keluar dari tekanan. Tetapi usaha mereka tak berhasil karena Atletico tak memberikan banyak ruang gerak bagi lawan untuk mengembangkan permainan. Babak pertama berakhir dengan skor 2-0.

Setelah jeda, Atletico lebih banyak menguasai jalannya pertandingan. Tetapi usaha untuk menambah gol sulit tercapai karena barisan belakang Valladolid tampil sangat disiplin untuk mengamankan pertahanan mereka.

Meski demikian, gedoran Los Rojiblancos kembali mampu meruntuhkan tembok pertahanan Valladolid pada menit ke-74 sehingga Diego Godin bisa mencetak gol untuk mengubah skor menjadi 3-0. Godin menyundul bola hasil tendangan pojok Diego Ribas.

Unggul tiga gol, Atletico menurunkan tekanannya sehingga Valladolid mulai menguasai jalannya pertandingan pada 10 menit terakhir. Di tengah tekanan yang diberikan, gawang Valladolid justru hampir kebobolan lagi lewat serangan balik pada menit ke-83. Sayang, Godin yang melakukan solo-run dari tengah lapangan tak sempurna mengeksekusi bola ketika tingga berhadapan dengan Marino karena bola melenceng di sisi kiri gawang.

Setelah itu, Valladolid kembali memberikan tekanan. Tetapi Atletico tampaknya sudah siap menghadapi situasi tersebut, sehingga pertahanan mereka semakin kokoh dan tak bisa dijebol. Laga pun berakhir dengan skor 3-0.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com