Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tottenham, Ujian Kedalaman dan Ambisi Skuad Arsenal

Kompas.com - 04/01/2014, 09:31 WIB
Ary Wibowo

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Arsenal bakal menghadapi partai berat saat menjamu Tottenham Hotspur pada putaran ketiga Piala FA di Stadion Emirates, Sabtu (4/1/2013). Krisis pemain bakal menjadi ujian tersendiri bagi Arsene Wenger untuk meramu taktik tepat agar dapat meraih kemenangan.

Di lini depan Arsenal saat ini praktis hanya dapat mengandalkan Lukas Podolski. Maklum, Olivier Giroud, Yaya Sanogo serta Nicklas Bendtner masih belum dapat dimainkan karena masih mendekap cedera.

Sementara itu, dua penggawa di lini tengah, Mesut Oezil dan Aaron Ramsey juga belum siap diturunkan. Dengan begitu, Wenger harus merotasi skuadnya mengingat Arsenal masih membutuhkan energi besar untuk bersaing di Premier League.

Meski tengah didera krisis pemain, Wenger mengaku tetap memastikan Arsenal bakal bermain dengan maksimal untuk meraih kemenangan saat melawan Spurs. Arsenal, kata dia, akan tetap menjaga konsistensinya baik di Premier League maupun Piala FA.

"Para pemain saya sangat fokus terhadap pertandingan ini. Mereka ingin memenangkan setiap laga yang mereka mainkan. Sikap mereka sangat luar biasa semenjak awal musim dan akan tetap seperti itu di laga nanti," ujar Wenger.

"Kami sudah lama tidak memenangkan trofi. Jadi ini adalah kesempatan meraih apa yang kami inginkan selama ini," tambahnya.

Berkaca pada lima pertemuan terakhir kedua tim, Arsenal mempunyai rekor lebih bagus jika bermain di kandang karena mampu meraih tiga kemenangan, sedangkan Tottenham hanya menang dua kali di White Hart Lane.

Akan tetapi, kubu Tottenham saat ini tengah diselimuti kepercayaan diri tinggi seusai berhasil mengalahkan Manchester United (MU) 2-1 di Old Trafford, Rabu (1/4/2013). Penampilan skuad asuhan Tim Sherwood itu pun semakin membaik karena belum pernah terkalahkan dalam empat laga terakhirnya.

"Kami mempunyai tradisi serta sejarah hebat dan kami ingin itu dihormati. Kami akan senang jika melawan yang berasal dari level lebih rendah. Tetapi lawan kami sekarang adalah Arsenal di Emirates dan kami tidak sabar untuk menghadapi mereka," ujar Sherwood.

Apalagi, penampilan Emmanuel Adebayor semakin tajam karena mampu menjadi inspirasi kemenangan Tottenham dalam beberapa laga terakhir. Striker asal Togo itu seperti menemukan kembali permainan terbaiknya setelah sempat dipinggirkan oleh pelatih lama Spurs, Andre Villas- Boas.

"Seberapa penting Adebayor di pertandinangan besok? Sangat besar. Saya pikir jika Arsene Wenger melihatnya pincang di Old Trafford, saya yakin para fans, manajemen serta pemain akan senang. Tetapi, sayangnya, dia akan tetap bermain melawan mereka," kata Sherwood.

Siaran langsung

BEIN SPORT 1 pukul 00.15 WIB

Prakiraan susunan pemain
Arsenal: Szczesny; Monreal, Vermaelen, Koscielny, Jenkinson; Flamini, Arteta, Wilshere, Rosicky, Walcott; Podolski
Pelatih: Arsene Wenger

Tottenham: Lloris; Walker, Chiriches, Dawson, Rose; Lennon, Dembele, Capoue, Eriksen; Soldado, Adebayor
Pelatih: Tim Sherwood

Kemungkinan absen:
Arsenal: Bendtner, Abou Diaby, Sanogo, Ramsey, Oezil, Gibbs (cedera), Giroud, Chamberlain (diragukan)
Tottenham: Vertonghen, Sandro, Paulinho, Kaboul, Sigurdsson, Naughton (cedera), Adebayor, Defoe (diragukan)

Lima Duel Terakhir
1/9/2013 - Arsenal 1-0 Tottenham (Premier League)
3/3/2013 - Tottenham 2-1 Arsenal (Premier League)
17/11/2012 - Arsenal 5-2 Tottenham (Premier League)
26/2/2012 - Arsenal 5-2 Tottenham (Premier League)
2/10/2011 - Tottenham 2-1 Arsenal (Premier League)

Performa Liga Laga Terakhir
Arsenal: M-M-M-S-K
Tottenham: M-M-S-M-K

Prediksi
Bwin: 1,90 - 3,30 - 3,70
William Hill: 2,05 - 3,60 - 3,40
Kompas Bola: 55 - 45

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com