Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Spanyol, Madrid Masih Lebih Diidolakan Ketimbang Barca

Kompas.com - 09/11/2013, 23:51 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

MADRID, KOMPAS.com - Hasil studi sebuah lembaga riset di Spanyol menyatakan, Real Madrid masih menjadi klub yang diidolakan di Negeri Matador tersebut. Dari riset yang dilakukan sepanjang tahun 2012 oleh Association of Research for Media Companies (AIMC), Madrid memiliki jumlah penggemar sebesar 23,8 persen.

Los Blancos unggul dari rival abadinya, Barcelona yang memiliki persentase 18,2 persen. Namun, persentase yang dimiliki kedua klub tersebut jauh mengungguli klub selanjutnya, yaitu Atletico Madrid yang meskipun berada di peringkat ketiga, namun hanya memiliki persentase 3,7 persen. Selanjutnya ada Valencia dengan 3,1 dan Atletico Bilbao dengan 2,7 persen.

Secara historis, Madrid lebih unggul dari Barca karena klub tersebut telah memenangi 32 gelar La Liga, 9 gelar juara Liga Champions, dan 3 gelar juara Piala Intercontinental (sekarang Piala Dunia antarklub). Gelar-gelar tersebut belum ditambah dengan sejumlah gelar dari ajang Piala Raja, Piala UEFA, Piala Winners serta beberapa ajang bertajuk Piala Super.

Sementara, Barcelona "baru" memenangi 22 gelar La Liga, 4 gelar juara Liga Champions, dan 2 gelar juara Piala Dunia antarklub. Serta sejumlah gelar dari ajang Piala Raja, Piala UEFA, Piala Winners serta beberapa ajang bertajuk Piala Super.

Namun bila melihat prestasi sepuluh tahun terakhir, bisa dikatakan Barca yang lebih unggul. Dalam satu dekade terakhir, Blaugrana telah memenangi 6 juara La Liga, 3 gelar juara Liga Champions, 2 gelar juara Piala Dunia antar klub, 2 gelar juara Piala Raja, 6 gelar juara Piala Super Spanyol dan 2 gelar juara Piala Super Eropa.

Sementara Madrid, "hanya" memenangi 3 gelar juara La Liga, 2 gelar juara Piala Raja, serta 2 gelar juara Piala Super Spanyol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com