Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejutan Armenia Bikin Bulgaria di Ujung Tanduk

Kompas.com - 12/10/2013, 00:19 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com — Armenia membuat kejutan pada laga kualifikasi Grup B Piala Dunia 2014, Jumat (11/10/2013). Menjamu tim kuat, Bulgaria, di Republican Stadium, Armenia menang 2-1, yang membuat peluang Bulgaria untuk meraih tiket menuju Brasil melalui babak play-off menjadi sangat tipis.

Dua gol tuan rumah dihasilkan oleh Aras Ozbiliz pada menit ke-45 serta Yura Movsisyan ketika laga tersisa tiga menit. Sementara Bulgaria, yang sejak menit ke-45 harus bermain dengan 10 orang menyusul kartu merah yang diterima Nikolay Bodurov, hanya bisa mencetak satu gol pada menit ke-61 yang dihasilkan oleh  Ivelin Popov. Bahkan pada menit ke-63, Bulgaria kembali kehilangan satu pemain, Svetoslav Dyakov, setelah terkena kartu kuning kedua.

Bagi Armenia, pertandingan ini tak menentukan lagi karena mereka sudah pasti gagal menuju putaran final. Namun, bagi Bulgaria, yang kini menempati posisi kedua dengan raihan 13 angka, kemenangan menjadi hal mutlak demi mempertahankan asa ke Brasil meskipun harus melalui babak play-off karena tiket otomatis Grup B telah diraih Italia setelah mengumpulkan total 20 poin.

Dengan kekalahan ini, maka posisi Bulgaria menjadi tidak aman karena mereka mendapat ancaman serius dari Denmark, yang hanya terpaut satu poin. Jika Denmark berhasil mengalahkan Italia pada laga Sabtu (12/10/2013) dini hari WIB, maka Bulgaria akan turun satu peringkat sehingga laga terakhir pada Selasa (15/10/2013) nanti terasa sangat berat, di mana Bulgaria akan bertemu Ceko, sedangkan Denmark menghadapi tim lemah Malta.

Tiga poin dari pertandingan ini membawa Armenia untuk sementara naik ke peringkat ketiga dengan torehan 12 poin, menggeser Ceko yang tertinggal tiga angka serta Denmark yang kalah selisih gol. Tetapi, Ceko berpeluang mengambil kembali posisinya itu jika menang atas Malta, yang kini menjadi juru kunci, begitu juga dengan Denmark, yang juga sukses meraih poin dari Italia.

Zona Eropa, yang terbagi dalam sembilan grup, memiliki jatah 13 wakil yang akan tampil di putaran final Piala Dunia 2014. Delapan runner-up terbaik akan melakukan play-off untuk memperebutkan empat tiket guna mendampingi sembilan juara grup yang secara otomatis lolos ke Brasil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com