Jumat, 31 Maret 2017

Bola / Interview

Fowler: Indonesia Bisa Sulitkan Liverpool

JAKARTA, KOMPAS.com - Legenda hidup Liverpool, Robbie Fowler, berharap The Reds bisa menyajikan pertandingan menarik dalam lawatannya ke Indonesia untuk melakoni laga melawan Indonesia XI di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 20 Juli 2013.

Ia berharap para Liverpudlian di Indonesia bisa terhibur dengan kedatangan Steven Gerrard dan kawan-kawan tersebut. Melalui situs resminya, Liverpool mengonfirmasi kedatangannya ke Indonesia pada 25 April lalu. Skuad asuhan Brendan Rodgers tersebut akan bertanding dengan skuad Indonesia IX untuk pertama kalinya pada 20 Juli 2013 dalam rangkaian tur pramusim Asia 2013.

Kompas.com berkesempatan melakukan wawancara dengan Fowler di sela-sela kunjungannya ke Kantor Bola, Jakarta, Senin (24/6/2013). Bomber asal Inggris tersebut berbicara beberapa hal mengenai kondisi Liverpool dan kedatangannya ke Indonesia. Berikut petikan wawanpcaranya.

Bagaimana dengan penampilan Liverpool musim lalu?

"Musim lalu, kami memang tidak terlalu bermain bagus. Kami kalah di beberapa pertandingan dan tidak terlalu banyak mencetak gol. Tetapi, saya percaya dengan kemampuan pelatih untuk meningkatkan tim ini pada musim depan. Kombinasi antarpara pemain senior dan yunior kami harapkan juga bisa meningkatkan performa klub."

Untuk musim depan?

"Saya pikir tim ini sudah mempunyai progres lebih baik daripada musim-musim sebelumnya. Kami tentunya ingin bangkit agar bisa lebih nyaman lagi bermain musim depan. Klub juga sudah mencari beberapa pemain baru pada bursa transfer Januari dan musim panas ini. Start di awal musim juga harus bagus dan dapat lebih konsisten dibandingkan tahun lalu. Setiap pemain memang harus tetap percaya diri untuk meraih hasil terbaik di liga. Jadi, saya yakin skuad ini akan menjadi lebih besar dan lebih baik daripada musim lalu."

Soal Luiz Suarez yang dikabarkan ingin hengkang dari Anfield?

"Luiz Suarez masih merupakan pemain Liverpool, meskipun beberapa orang mengatakan hal-hal lain. Dia adalah salah satu pemain yang luar biasa dan fantastis. Kontrak dia juga masih tersisa beberapa tahun lagi. Saya berharap dia masih bermain di Liverpool hingga kontraknya yang masih tersisa tiga tahun lagi berakhir."

Mengenai kunjungan Liverpool ke Indonesia?

"Ini adalah kunjungan pertama kali Liverpool ke Indonesia. Saya pikir ini akan menjadi pertandingan menarik karena skuad akan bertanding untuk menghibur masyarakat Indonesia. Tidak hanya pertandingan saja, tetapi juga terdapat jadwal lain seperti melakukan coaching clinic, dan bekerja sama dengan Liverpool Foundation."

Bagaimana dengan Liverpudlian di Indonesia?

"Ya saya tahu Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki suporter Liverpool terbesar di dunia. Mereka tentunya akan memberikan dukungan sangat besar untuk klub ketika bermain di sini. Berbicara mengenai Liverpool, tidak bisa dilepaskan dari pengaruh para suporter yang selalu mendukung setiap pertandingan kami. Saya rasa para pemain juga akan senang bermain di Indonesia."

"Dengan banyaknya dukungan dari suporter di sini, saya yakin pertandingan nanti akan berjalan luar biasa dan sangat menarik. Kami juga tentunya akan mendapatkan pengalaman berbeda jika bermain dengan dukungan mereka. Saya tidak sabar untuk menantikan pertandingan tersebut."

Prediksi Anda melawan Indonesia Dream Team?

"Saya pikir pertandingan akan berlangsung sengit dan sulit. Indonesia akan memberikan perlawanan sengit dan saya yakin Indonesia memiliki kualitas dan kami tidak pernah bermain dengan tim ini sebelumnya. Jadi, ini akan menjadi pertandingan menarik bagi pemain Liverpool maupun Indonesia sendiri. Brendan (Rodgers, pelatih Liverpool) juga pasti akan senang bisa mengenal, mengambil ilmu sepak bola dan pengalaman bertanding melawan tim Indonesia. Para pemain juga saya harapkan bisa menampilkan permainan terbaik, karena kami tahu bahwa level Indonesia bisa membuat pertandingan berjalan menjadi sangat sulit."

 


Editor : Hery Prasetyo