Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gulung Tahiti 8-0, Uruguay Tantang Brasil di Semifinal

Kompas.com - 24/06/2013, 04:06 WIB

RECIFE, KOMPAS.com — Uruguay lolos ke semifinal Piala Konfederasi 2013 setelah menghajar Tahiti 8-0 pada laga terakhir Grup B, Minggu atau Senin (24/6/2013) dini hari WIB. Di final, mereka harus berhadapan dengan tuan rumah, Brasil.

Uruguay langsung mencetak gol pada serangan pertama mereka. Berawal dari tendangan Nicolas Lodeiro, bola kemudian dilanjutkan oleh Andres Scotti ke depan gawang. Abel Hernandez dengan mudah menanduknya dan mengarahkan bola ke gawang Tahiti tanpa bisa dihalau kiper Gilbert Meriel.

Setelah itu, Tahiti berusaha mencoba lebih hati-hati dan ketat dalam bertahan sehingga Uruguay kesulitan menambah gol meski tetap mampu membuat beberapa peluang.

Pada menit ke-24, Uruguay baru bisa menambah gol. Lagi-lagi, Hernandez pelakunya. Ia dengan baik memanfaatkan assist Lodeiro. Tiga menit kemudian, giliran Diego Perez yang membobol gawang Tahiti, memanfaatkan umpan Walter Gargano.

Tahiti bukan tanpa ancaman. Pada menit ke-38, Marama Vahirua melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti. Sayang, tendangan kerasnya belum mampu mengarahkan bola ke gawang, sedikit meleset ke kanan.

Babak pertama hampir berakhir, Uruguay menambah gol lewat Abel Hernandez lagi hingga unggul 4-0.

Memasuki babak kedua, Uruguay mencoba kembali menekan. Mereka agak terpukul setelah Scotti terkena kartu merah. Tahiti mencoba menekan. Namun, mereka juga kehilangan satu pemain setelah Ludivion mendapat kartu merah pada menit ke-59.

Uruguay pun kembali mendominasi. Lodeiro kemudian menambah gol pada menit ke-61, lalu Hernadnez mencetak gol keempatnya pada menit ke-67. Di 10 menit terakhir, Luiz Suarez memastikan kemenangan Uruguay 8-0 setelah mencetak gol pada menit ke-82 dan 90.

Susunan Pemain
Uruguay:
23-Martin Silva; 4-Sebastian Coates, 5-Walter Gargano, 6-Alvaro Pereira, 8-Sebastian Eguren; 11-Abel Hernandez, 13-Matias Aguirregaray, 14-Nicolas Lodeiro, 15-Diego Perez, 18-Gaston Ramirez; 19-Andres Scotti.

Tahiti: 22-Gilbert Meriel; 3-Marama Vahirua, 4-Teheivarii Ludivion, 6-Henri Caroine, 10-Nicolas Vallar; 13-Steevy Chong Hue, 15-L.Tehau (11-Stanley Atani 71), 16-Ricky Aitamai (12-Edson Lemaire 53), 17-Jonathan Tehau; 19-Simon Vincent, 21-Samuel Hnanyine (18-Tihoni Yohann 88)

Wasit: Pedro Proenca (Portugal)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com