Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Totti: Harusnya Aku Dapat 2 Ballon d'Or

Kompas.com - 30/05/2013, 01:48 WIB

ROMA, KOMPAS.com — Kapten dan bintang AS Roma, Francesco Totti, menilai dirinya harusnya sudah mendapat dua penghargaan Ballon d'Or (pemain terbaik) jika saja jadi pindah ke Real Madrid pada 2004.

Totti hampir bergabung dengan Madrid pada tahun itu. Namun, ia memilih bertahan di Roma, kota yang membesarkan dirinya juga kariernya. Padahal, kata Totti, jika bersama Madrid, ia pasti sudah mengoleksi banyak gelar.

"Aku hampir saja bergabung dengan Real Madrid. Aku ingin menandatangani kontrak dengan klub besar agar memenangkan sesuatu," kata Totti kepada France Football.

"Seandainya aku jadi bergabung dengan Real Madrid, aku setidaknya bisa meraih tiga gelar Liga Champions, dua Ballon d'Or, dan banyak gelar lagi. Jujur saja, aku sempat senang dengan kesempatan (bergabung dengan Madrid) itu," lanjutnya.

"Meski begitu, aku bahagia akhirnya membuat keputusan (untuk bertahan di Roma), meski aku berharap setidaknya memenangkan dua atau tiga scudetti," katanya.

Totti juga menyatakan tersanjung dengan rencana Roma untuk memensiunkan nomor 10 miliknya, jika ia pensiun nanti. Namun, katanya, itu tak adil karena pemain muda juga berhap mendapatkan nomor tersebut.

"Aku akan tersanjung, tapi di sisi lain memensiunkan nomor itu (10) juga berarti mengakhiri mimpi pemain muda yang menginginkan nomor 10 yang pernah dipakai Totti tersebut. Untuk menggunakan nomor itu dibutuhkan kekuatan karakter yang lebih. Nomor 10 punya beban berat. Pemakai nomor itu akan selalu mendapat perhatian lebih dibanding nomor lainnya," terang Totti.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com