Sabtu, 30 Agustus 2014

Bola / Liga Indonesia

Gelora Bandung Lautan Api Diresmikan

Sabtu, 11 Mei 2013 | 00:01 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Setelah menanti selama empat tahun, masyarakat Jawa Barat akhirnya resmi memiliki stadion baru, yaitu Gelora Bandung Lautan Api. Stadion berkapasitas 38.000 penonton yang memiliki 60 kursi untuk bobotoh penyandang disabilitas itu diresmikan oleh Wali Kota Bandung Dada Rosada, Jumat, (10/5/2013) malam.

Kesenian-kesenian khas Jawa Barat ditampilkan dalam acara peresmian stadion yang berlokasi di Desa Mekar Mulya, Kecamatan Gedebage. Seniman terkenal asal Bandung, Doel Sumbang, juga ambil bagian dalam acara peresmian, yang diakhiri dengan penandatangan prasasti secara simbolis oleh Dada.

Dalam sambutannya, Dada mengaku berharap stadion yang akan menjadi markas Persib Bandung ini bisa menjadi simbol untuk mengukir prestasi sepakbola Jawa Barat khususnya Kota Bandung.

"Saya berharap dengan selesainya stadion ini menjadikan dunia sepakbola Jawa Barat, khususnya Persib, makin disegani, dan bisa melahirkan prestasi setinggi-tingginya," ujar Dada.

Selain Dada, tampak juga pada acara itu sejumlah pejabat daerah, antara lain Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan wakilnya Dede Yusuf, Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda, dan tentu saja Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Kuswara S Taryono.

 

"Stadion ini merupakan kebanggan semua warga Jabar, tidak hanya Bandung," ujar Ahmad Heryawan, yang bisa disapa Aher.

Aher juga mengaku berharap, Gelora Bandung Lautan Api menginspirasi wilayah lain di Jawa Barat untuk membangun stadion bertaraf internasional.

"Insya Allah setelah ini (Stadion) selesai, akan terbangun stadion-stadion yang lain," tandasnya.

Dari pantauan di lokasi, acara peresmian berlangsung di tengah hujan cukup deras. Ribuan orang yang berada di tribun tampak berdesak-desakan mencari tempat duduk yang tak terkena hujan.


Editor : Tjatur Wiharyo