Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejar-mengejar Gol, Napoli Akhirnya Tekuk Torino

Kompas.com - 31/03/2013, 05:19 WIB

TORINO, KOMPAS.com -  Pertandingan antara Napoli melawan Torino berlangsung sengit di Stadion Olimpico Grande Torino, Sabtu atau Minggu (31/3/2013) dini hari WIB. Sempat diwarnai kejar-mengejar gol, Napoli akhirnya sukses membungkan Torino dengan skor 5-3. Tambahan tiga gol membuat Azzurri kembali ke bercokol di peringkat kedua dengan merangkum 59 poin, atau terpaut sembilan angka dari Juventus sebagai penguasa klasemen.

Di depan publik lawan, Napoli mampu unggul lebih dulu berkat gol yang diciptakan Blerim Dzemaili pada menit kesepuluh. Jauh dari luar kotak penalti, Dzemaili yang menguasai bola hasil umpan Lorenzo Insigne, melepaskan tembakan keras yang gagal diantisipasi Francois Gillet.

Keunggulan Napoli hanya bertahan 20 menit. Bomber Torino, Paulo Barreto, berhasil mencetak gol balasan setelah tembakan kaki kirinya gagal diantisipasi kiper Antonio Rosati.

Delapan menit berselang, Partenopei memiliki kesempatan emas untuk kembali unggul. Tim besutan Walter Mazzari itu mendapatkan hadiah penalti menyusul pelanggaran Matteo Darmian terhadap Christian Maggio di kotak terlarang.

Apes, Marek Hamsik yang menjadi algojo gagal melaksanakan tugasnya setelah tembakannya ditepis Gillet. Hal itu memaksa Napoli bermain imbang 1-1 dengan Il Toro hingga turun minum.

Selepas jeda,  Dzemaili mencetak gol cepat yang membuat timnya kembali unggul 2-1. Memanfaatkan umpan dari Hamsik,  Dzemaili melepaskan tembakan keras yang membuat bola bersarang ke pojok kanan bawah gawang Torino.

Untuk menambah daya serang timnya, Mazzarri memasukkan Edinson Cavani pada menit ke-65. Namun, El Matador --sebutan Cavani-- malah melakukan kesalahan sehingga tim tuan rumah mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-74. Penyerang Uruguay tersebut dinilai melakukan hands-ball saat berusaha menghalau tendangan bebas lawan. Jonathan yang maju sebagai algojo sukses menaklukkan Rosati.

Il Toro pun semakin percaya diri. Betapa tidak, Torino kembali unggul 3-2 berkat gol yang diciptakan Riccardo Meggiorini  pada menit ke-78. Gol itu diciptakan dengan luar biasa. Meggiorini berhasil mengecoh Rosati setelah sebelumnya melewati dua pemain lawan. Dengan tenang, ia pun menjaringkan bola ke gawang yang kosong.

Namun, kemenangan yang berada di depan mata sirna dalam dua menit. Dzemailli untuk ketiga kalinya berhasil menaklukkan Gillet setelah memanfaatkan umpan dari Zuniga.

Gol tersebut seakan memadamkan semangat tempur tuan rumah. Tanpa ampun, Cavani membawa Napoli unggul 4-3 melalui tendangan bebas yang dieksekusinya pada menit ke-84.

Enam menit kemudian, Cavani kembali berhasil membobol gawang Torino. Umpan dari Pablo Armero, berhasil ditanduknya dan membuahkan gol keduanya dalam pertandingan itu. Suntingan Cavani menyegel kemenangan Napoli 5-3 atas Torino.

Kemenangan itu membuat Napoli kembali bertakhta sebagai runner-up sementara Serie-A, dengan suntingan 59 angka dari 30 pertandingan. Beberapa jam sebelumnya, posisi itu diambil AC Milan yang berhasil mengandaskan Chievo Verona 1-0. Kini, Napoli dan I Rossoneri kembali dibedakan dua poin.

Di lain pihak, Torino harus puas bertengger pada posisi ke-14, dengan rangkuman 35 angka dalam 30 pekan pertandingan.

 

Susunan Pemain
Torino:
1-Jean Francois Gillet; 2-Guillermo Rodríguez, 3-Danilo D`Ambrosio (Salvatore Masiello 57), 25-Kamil Glik, 36-Matteo Darmian; 4-Migjen Basha, 11-Alessio Cerci, 14-Alessandro Gazzi, 20-Giuseppe Vives (Riccardo Meggiorini 56); 7-Mario Santana, 10-Paulo Vito Barreto (Jonathas 66)
Pelatih: Giampiero Ventura

Napoli:  22-Antonio Rosati; 5-Miguel Britos, 28-Paolo Cannavaro, 55-Alessandro Gamberini; 11-Christian Maggio, 17-Marek Hamsik, 18-Juan Zuñiga, 20-Blerim Dzemaili, 85-Valon Behrami; 19-Goran Pandev, 24-Lorenzo Insigne (Edinson Cavani 65)
Pelatih: Walter Mazzarri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com