Selasa, 23 Desember 2014

Bola / Liga Spanyol

Ronaldinho, Guru Terbaik Messi

Sabtu, 12 Januari 2013 | 16:43 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com - Mantan asisten pelatih Barcelona, Henk ten Cate, yakin, penampilan dan bimbingan Ronaldinho merupakan guru terbaik bagi Lionel Messi saat awal kariernya di Catalan.

"Ronaldinho adalah contoh bagus bagi Messi, untuk apa yang harus dilakukan maupun yang tidak," sebut Ten Cate kepada Voetbal International, Sabtu (12/1/2013).

Dinho mengakhiri kariernya di Camp Nou dengan cibiran kritik Barcelonistas, menyusul penampilannya yang menurun plus perilakunya di luar lapangan yang cenderung kontroversial. Ten Cate menilai, Messi belajar dari itu semua.

"Pemain Brasil, seperti Ronaldinho dan Deco (berdarah Brasil, namun bermain untuk Portugal), menyambutnya dengan tangan terbuka begitu memasuki tim utama," tandas Ten Cate.

Pria asal Belanda itu memperkirakan, penampilan striker Argentina berusia 25 tahun itu akan menurun pada tahun ini, sebelum bermain pada masa-masa di mana ia akan lebih sering menghindarkan dirinya dari cedera.

"Mungkin, ia akan bermain dalam lebih sedikit pertandingan. Lihat saja dengan berbagai tekel keras yang diterimanya dari pertandingan satu ke yang lainnya," tegas Ten Cate.

"Messi luar biasa cepat, jadi dia mampu menghindarkan diri dari berbagai tekel. Risiko lebih besar saat mulai lelah. Cedera lutut yang didapatnya saat melawan Benfica adalah sebuah peringatan. Ia akan lebih berhati-hati," pungkasnya.

 


Editor : Daniel Sasongko
Sumber: