Rabu, 23 Juli 2014

Bola / Liga Spanyol

Semua Pemain Barca Sisihkan Gaji untuk Veteran

Senin, 31 Desember 2012 | 09:36 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com - Asosiasi Pemain Barcelona (BPA), yang memiliki anggota sekitar 550 veteran, telah membantu mantan pemain klub itu, yang mengalami kesulitan menjalani hidup sebagai orang biasa, selama 60 tahun.

"Perubahan status dari pemain menjadi orang biasa itu sulit. Anda tak siap menghadapinya," ujar Presiden BPA, Ramon Alfonseda.

Saat ini, ada 36 mantan pemain berusia di atas 65 tahun yang menerima pensiun 400 euro atau sekitar Rp 6 juta per bulan.

BPA membantu mantan pemain melalui pendidkan. Selama beberapa tahun terakhir, mereka mencapai kesepakatan dengan sejumlah organisasi untuk memberikan para veteran kursus gratis Bahasa Inggris, public speaking, komputer, ilmu keuangan, dan kepelatihan.

"Kami dulu memberi mereka ikan. Sekarang, kami mengajarkan mereka untuk mendapatkan ikan," ujar Alfonseda.

Dalam kursus kepelatihan, yang disertifikasi oleh Federasi Catalan, mereka mempelajari gaya bermain Barcelona, Alfonseda telah mengatur sedemikian rupa supaya tim utama Barcelona terlibat. Carles Puyol menjadi wakil presiden BPA dan semua pemain, mulai dari tim utama, Tim B, sampai tim muda, mendonasikan 0,5 persen gaji mereka. Pemain-pemain Barcelona yang masih aktif itu juga juga berpartisipasi dalam kegiatan BPA.

Veteran terkenal, seperti Julio Alberto, Eusebio, Carreras, dan Mora, melakukan diskusi di sekolah-sekolah untuk meningkatkan kesadaran anak-anak mengenai bahaya alkohol, obat-obatan terlarang, dan tembakau.


Editor : Tjatur Wiharyo
Sumber: