Rabu, 1 Oktober 2014

Bola / Internasional

Penyelesaian Akhir Buruk, Indonesia Diimbangi Vietnam

Sabtu, 15 September 2012 | 17:46 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Tim nasional Indonesia dipaksa bermain imbang 0-0 dengan Vietnam dalam pertandingan persahabatan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (15/9/2012). Skuad "Garuda" sebetulnya lebih menguasai pertandingan, tapi sejumlah peluang gagal dimanfaatkan karena penyelesaian akhir yang kurang sempurna.

Pada menit-menit awal pertandingan, Indonesia mencoba menekan lebih dulu. Pada menit ke-12, Irfan Bachdim mendapat kesempatan. Namun, usahanya masih belum membuahkan hasil karena bola masih jauh melayang di atas mistar gawang vietnam.

Sepanjang pertengahan babak pertama, Indonesia terlihat lebih menguasai jalannya pertandingan. Namun, skuad asuhan Nil Maizar itu, terlihat terburu-buru dalam penyelesaian akhir, sehingga sejumlah peluang terbuang sia-sia.

Vietnam juga demikian. Serangan yang dibangun Viet Thang dan kawan-kawan juga masih sulit menembus barisan pertahanan Indonesia yang tampil cukup rapi dengan konsentrasi tinggi.

Pada menit ke-31, Indonesia kembali mendapat peluang emas melalui Vendri Mofu. Namun, lagi-lagi, kesempatan itu sia-sia, karena penyelesaian pemain Semen Padang itu kurang sempurna.

Menjelang akhir babak pertama, permainan kedua tim cenderung menurun. Namun, Indonesia masih bisa menciptakan satu peluang emas melalui Samsul Arif. Namun, sundulannya menerima umpan silang Ellie Aiboy masih melayang tipis di atas mistar gawang Vietnam.

Selepas turun minum, Indonesia masih menguasai jalannya pertandingan. Pada menit ke-52, Samsul kembali menciptakan peluang emas. Tapi, lagi-lagi ia terlalu terburu-buru, sehingga bola tendangannya melenceng jauh di atas mistar gawang.

Pada menit ke-61, giliran Vietnam yang mendapat peluang emas. Sayang, meski sudah tinggal berhadapan dengan kiper Endra Prasetyo, bola tendangan penyerang Pham Thanh Luong, masih menyamping tipis ke kanan gawang Indonesia.

Indonesia segera bangkit dan beberapa kali menekan pertahanan Vietnam. Pelatih NIl Maizar pun kemudian memasukan Titus Bonai dan Hendra Adi Bayauw untuk menambah daya dobrak serangan pasukan "Merah Putih".

Indonesia mencoba terus untuk mencetak gol. Pada sepuluh menit terakhir, serangan dari kombinasi Tibo, Bayauw, dan Bachdim dilakukan cukup bagus, tapi lagi-lagi belum bisa diselesaikan dengan sempurna. Skor imbang tanpa gol pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain:

Indonesia: 22-Endra Prasetyo, 13-Wahyu Wijiastanto, 2-Hamdi Ramdhan, 26-Vendry Mofu (16-Fachrudin 66), 28-Oktovianus Maniani, 11-Hengky Ardilles, 4-Novan Setya Sasongko, 9-Samsul Arif (Titus Bonai 66), 10-Irfan Bachdim, 7-Taufik, 8-Elie Aiboy (15-Hendra Adi Bayauw 57).
Pelatih: Nil Maizar.

Vietnam: 1-Thanh Binh, 20-Cao Sy Cuong, 17-Nguyen Vu Phong, 6-Truong Dinh Luat, 3-Minh Duc, 5-Nguyen Van Bien (6-Tran Dinh Dong 63), 14-Le Tan Tai, 27-Dao Van Phong, 8-Viet Thang, 19-Pham Thanh Luong (11-Nguyen Trong Hoàng), 28-Pham Nguyen Sa.
Pelatih: Phan Thanh Hung.

 


Editor : A. Wisnubrata