Senin, 22 September 2014

Bola / Internasional

Tiga Faktor Buffon Belum Pensiun

Rabu, 5 September 2012 | 03:25 WIB

ROMA, KOMPAS.com — Kiper tim nasional Italia, Gianluigi Buffon, belum berpikir untuk gantung sarung tangan jelang Piala Dunia Brasil 2014.

"Aku tidak berpikir berada dalam pengujung karierku. Aku berusia 34 tahun dan masih baik-baik saja," ungkap Buffon kepada Sport Italia.

Ada tiga alasan mengapa Buffon belum mau pensiun.

"Kondisi fisikku sangat baik dan aku sendiri masih antusias bermain. Aku juga masih punya ambisi untuk menang. Jadi, aku akan tetap melanjutkan karierku. Jika salah satu dari tiga faktor itu hilang, maka aku akan mengangkat tangan untuk sebuah kehidupan baru," beber kiper utama Juventus tersebut.

Buffon mengawali kariernya bersama "La Nazionale" saat menjadi kiper cadangan di Olimpiade Atlanta 1996. Di bawah kepelatihan Cesare Maldini, "Super Gigi"—demikian ia dijuluki—mendapat kepercayaan menjadi kiper utama dalam pertandingan play-off Kualifikasi Piala Dunia Perancis 1998 melawan Rusia di Moskwa. Buffon menggantikan Gianluca Pagliuca yang tengah cedera. Pada Piala Dunia Jerman 2006, Buffon berandil besar di balik keberhasilan Italia tampil sebagai juara. 

Sementara itu, "Gli Azzurri" memiliki prospek bagus di bawah era kepelatihan Cesare Prandelli. Il Tecnico yang pernah membesut Fiorentina itu berani menggabungkan pemain muda dengan yang lebih berpengalaman. Hasilnya, Italia berhasil melaju ke final Euro 2012. (SI)

 


Editor : Daniel Sasongko