Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dani dari Semarang Berpeluang Masuk Akademi Arsenal

Kompas.com - 28/10/2011, 20:12 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Langkah kaki skuad Tunas Garuda Indonesia kini makin mantap. Satu demi kesempatan muncul, melecut semangat 18 anak berusia 14-16 tahun itu untuk maju dan menyumbangkan yang terbaik untuk bangsa.

Dani Raharjanto, 15 tahun, gelandang Tunas Garuda asal Semarang, berpeluang untuk menimba ilmu di Akademi Sepak Bola Arsenal. Hal ini dikatakan pelatih kepala di Pusat Pengembangan klub Arsenal (Arsenal Development Centre), Ben Corbyn, Jumat (28/10/2011) di London, Inggris.

"Kami memantau pemain mulai usia tujuh tahun, delapan, sembilan, sepuluh, terus sampai 16 tahun. Anak-anak terbaik akan masuk tim U15, U16, U17, sampai U18 di development centre, yang nantinya akan ada yang masuk akademi. Kami mencoba mempromosikan Dani untuk masuk akademi. Kamu tahu (Robin) Van Persie? Dia juga dulu masuk Akademi Arsenal sebelum jadi seperti sekarang ini," kata Corbyn.

Manajer Operasional Sekolah Sepak Bola Indonesia, Nina Raganatha menambahkan, bahkan anak-anak yang bersekolah di SSI pun tidak segampang itu masuk akademi, karena seleksinya benar-benar ketat.

"Tapi Arsenal pernah meminta penjaga gawang di SSI, Yusuf, untuk masuk akademi. Kini, Arsenal mencoba mempromosikan Dani dari Tunas Garuda. Ini kesempatan baik sekali," ujarnya.

Corbyn pun meminta rekaman video saat Dani bertanding. "Kami akan perlihatkan ke akademi," ujarnya kepada wartawati Kompas Susi Ivvaty di London, Inggris.

Dani bersama Nazarul Fahmi (striker), dan Rangga Pratama (kiper) juga diajak bergabung di tim Arsenal Development Centre untuk bertanding melawan tim Divisi II, Wycombe Wanderers and Brighton & Hove Albion, Jumat sore pukul 16.00 di The Gore Stadium, Wymers Wood Road, Burnham, Bucks, London.

Pertandingan akan berlangsung 2X20 menit karena ada dua tim yang akan dilawan. Menurut Corbyn, Dani memiliki kecepatan dan kepekaan yang baik di lapangan. Potensinya juga luar biasa.

"Dani bagus, tapi yang lain juga bagus," katanya. Dani yang siswa kelas dua SMA Negeri 11 Semarang ini mencetak satu gol lewat tendangan jarak jauh pada pertandingan antara Tunas Garuda melawan Arsenal U15, Rabu (26/10/2011) lalu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com