Jumat, 25 April 2014
Laga Persahabatan
Tunas Garuda Gilas Arsenal 3-1
Kamis, 27 Oktober 2011 | 11:58 WIB
|
Share:
KOMPAS/SUSI IVVATY
Sebanyak 16 anak berusia 14-16 tahun yang tergabung dalam tim Tunas Garuda sejak Senin (24/10/2011) berlatih di Arsenal Soccer Camp, dan mendapat arahan dari beberapa pelatih Arsenal Soccer School di Highgate Wood School, Homsey, London, Inggris. Hari Selasa ini Tunas Garuda kembali akan memperkuat keterampilan teknik mereka di Arsenal Soccer Camp mulai pukul 10.00 sampai 15.00 waktu setempat.

LONDON, KOMPAS.com — Skuad Tunas Garuda menang 3-1 melawan tim Arsenal U15 pada laga persahabatan yang dilangsungkan di sebuah lapangan rumput sintetis di Market Road, London, Rabu sore waktu setempat atau Rabu malam WIB. Hasil 3-1 ini sangat membanggakan dan mendapat pujian para pelatih Arsenal Soccer School.

Dari London, wartawan Kompas Susi Ivvaty melaporkan langsung bahwa ini adalah laga kedua Tunas Garuda melawan tim Arsenal. Pada laga pertama, Tunas Garuda berhadapan dengan tim Arsenal U17 yang rata-rata lebih tua setahun, dan kalah 1-2.

Satu-satunya gol Tunas Garuda dibesut striker mungil yang andal asal Aceh, Nazarul Fahmi, yang berusia 15 tahun. "Ya memang lebih berat menghadapi yang U17 dibandingkan yang U15. Kami maunya tanding dengan yang U16, tapi karena gak ada ya kami berusaha semaksimal mungkin melawan siapa saja," kata Fahmi, yang memang paling pintar bicara di tim Tunas Garuda.

Melawan tim Arsenal U15, Tunas Garuda bermain cemerlang. Mereka lebih banyak bermain di setengah lapangan karena Tunas Garuda menguasai bola. Kiper Rangga Pratama terlihat "menganggur" karena bola jarang mampir ke gawangnya.

Gol pertama dicetak Frengky Pare Kogoya, gelandang asal Papua. Sontak gol Frengky disambut penonton, termasuk Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

Sejumlah penonton dari warga setempat di London juga berdecak kagum dan sempat menanyakan apakah Tunas Garuda ini tim nasional Indonesia. Striker yang juga kapten Tunas Garuda, Ichsan Kurniawan, pada menit ke-37 kembali menjebol gawang Arsenal, dan kedudukan menjadi 2-0 di babak pertama.

Pada babak kedua, tim Arsenal U15 masih belum mampu mengembangkan permainan. Namun, ada sejumlah kesempatan pada serangan balik. Para pemain Arsenal beberapa melepas tembakan ke gawang Tunas Garuda meski gagal masuk.

Kiper Adek Edo Kurnia Caniago, yang masih berusia 14 tahun, sempat dibikin sibuk oleh bola-bola lawan. Gol ketiga Tunas Garuda dicetak gelandang Dani Raharjanyo lewat tendangan jarak jauh yang tidak terduga.

Beberapa pemain Tunas Garuda, antara lain Fahmi dan Rizal Yulian Iman Fauzi, mencoba menembak langsung, tetapi gagal. Pada menit terakhir, Arsenal U15 mencetak satu gol.

Editor : Marcus Suprihadi