Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rooney Bisa Dihukum

Kompas.com - 04/04/2011, 04:26 WIB

MANCHESTER, MINGGU - ”Mengherankan.” Hal itu dilontarkan Direktur Pengembangan Sepak Bola Asosiasi Sepak Bola Inggris Trevor Brooking atas ulah striker Manchester United, Wayne Rooney, seusai mencetak trigol saat MU melibas West Ham United, 4-2, di Liga Inggris, Sabtu (2/4).

Pada laga di Upton Park itu, seusai mencetak gol ketiganya dari titik penalti, menit ke-79, Rooney menghampiri kamera televisi dan meneriakkan kata-kata umpatan yang cukup terdengar sebagai bagian selebrasinya.

”Besok (Senin ini) bakal ada keputusan soal itu,” kata Brooking kepada BBC Radio 5 Live, Minggu (3/4).

”Mengherankan, setelah mencetak trigol bereaksi dengan cara seperti itu. Itulah yang akan kami periksa secara mendalam,” lanjut Brooking.

Stasiun televisi yang menayangkan Liga Inggris, Sky Sports, menyampaikan permintaan maaf atas lolosnya tayangan tersebut.

Rooney, melalui pernyataan di situs MU (www.manutd.com), juga menyampaikan permintaan maaf. ”Saya ingin meminta maaf atas terlontarnya umpatan yang mungkin terucap saat saya merayakan gol, khususnya bagi para orangtua dan anak-anak yang menyaksikan,” kata Rooney. ”Emosi membubung tinggi dan setelah merenung, reaksi saya saat itu tidak pantas. Ucapan itu tidak diarahkan secara khusus kepada siapa pun.”

Sebagian media Inggris dalam edisi Minggu kemarin lebih banyak menyoroti ulah Rooney tersebut daripada kesuksesan trigolnya. Padahal, itu trigol pertama dia dalam 14 bulan terakhir. ”Setan Merah Mengubah Udara Jadi Kelabu”, begitu judul berita The Sunday Times.

Kolumnis sepak bola Gabriele Marcotti melalui akun Twitter- nya menulis, ”Dia (Rooney) tampil dalam tayangan televisi dan jika kamera menayangkan ulahnya, dia seharusnya terkena hukuman meski kasusnya tidak serius.”

Aturan FA

Bukan kali ini saja Rooney berbuat ulah serupa. Tahun lalu, saat timnas Inggris ditahan Aljazair, 0-0, di Piala Dunia 2010, ia juga menjadi sorotan atas ulahnya melontarkan pernyataan lewat kamera televisi. ”Senang bertemu para suporter yang mencemooh Anda. Seperti itukah dukungan loyal itu,” teriaknya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com