Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fletcher: Tidak Gol, Nani Dicaci Maki

Kompas.com - 01/11/2010, 04:38 WIB

MANCHESTER, KOMPAS.com — Gelandang Manchester United, Darren Fletcher, menilai, keputusan Nani tepat ketika mencetak gol dengan memanfaatkan kesalahpahaman pemain dan ofisial pada laga Premier League melawan Tottenham Hotspur, Sabtu (30/10/2010). Pasalnya, ia mengatakan, apabila Nani sampai tidak memanfaatkan situasi itu untuk mencetak gol, maka ia akan dicaci maki Alex Ferguson dan rekan-rekan tim.

MU mengakhiri laga tersebut dengan kemenangan 2-0. Gol mereka dicetak oleh Nemanja Vidic pada menit ke-31 dan Nani pada menit ke-84.

"Jika ia tak memasukkan bola ke dalam gawang, maka ia akan mendapat cacian dari manajer dan pemain lain," kata Fletcher.

"Tottenham akan sangat merasa diperlakukan tidak adil karena hal itu. Mungkin begitu. Ada kesalahpahaman dari kiper (Tottenham, Gomes), tetapi bola saat itu jalan," ujarnya.

Gol Nani bermula saat ia terjatuh di kotak penalti setelah kontak fisik dengan Younes Kaboul. Namun, wasit Mark Clattenburg tak menilai hal itu sebagai pelanggaran dan melanjutkan pertandingan.

Mengingat Nani tampak sengaja menghalangi bola yang bergulir ke luar lapangan dengan tangan ketika ia terjatuh, Gomez bergegas mengambil bola untuk melakukan tendangan bebas.

Namun, Nani melakukan aksi yang membuat Gomez terkejut. Nani yang memang masih berada di tengah kotak penalti mendului Gomez untuk menendang bola masuk ke gawangnya.

Di saat bersamaan, hakim garis mengangkat bendera seakan-akan Nani menembak bola dalam posisi off-side. Namun, wasit utama, Mark Clattenburg, mengesahkan gol tersebut.

Keputusan ini mendapat protes dari pemain Tottenham. Clattenburg kemudian menunda keputusannya dan berdiskusi dengan hakim garis. Akhirnya, ia tetap menyatakan bahwa gol itu sah.

Kesalahpahaman tampaknya terjadi pada aksi Nani ketika menghentikan bola keluar lapangan dengan tangannya. Gomez menilai bahwa tindakan itu merupakan pelanggaran sehingga ia mendapat tendangan bebas. Namun, Clattenburg menilai tak ada pelanggaran dan permainan tetap berlanjut.

Kesalahpahaman kedua terlihat pada perbedaan keputusan hakim garis dan Clattenrburg sebelum kemudian sampai pada kesimpulan bahwa gol tersebut sah. (DM/GUA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com