Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hazard: Ibrahimovic Tetaplah Seorang Juara!

Kompas.com - 23/06/2016, 07:16 WIB
Nugyasa Laksamana

Penulis

Sumber UEFA

NICE, KOMPAS.com - Zlatan Ibrahimovic terpaksa mengakhiri kariernya bersama Swedia seusai tersingkir dari Piala Eropa 2016. Kendati begitu, dia tetap banjir pujian, termasuk dari gelandang Belgia, Eden Hazard, yang menjadi lawannya pada laga pamungkas grup.

Sebelumnya, Ibrahimovic memang sudah memutuskan untuk pensiun dari tim nasional setelah Piala Eropa 2016. Striker berusia 34 tahun itu pun diharapkan bisa pensiun dengan membawa Swedia melaju ke fase gugur.

Akan tetapi, kenyataan berkata lain. Swedia harus tersingkir dari Piala Eropa 2016 setelah kalah 0-1 dari Belgia dalam laga pamungkas Grup E, di Allianz Riviera, Nice, Selasa (22/6/2016) waktu setempat.

Meskipun demikian, situasi tersebut tak lantas membuat Ibrahimovic dipandang sebelah mata. Menurut Hazard, bagaimanapun juga, Ibrahimovic tetaplah seorang pemain besar kelas dunia.

"Ibrahimovic telah melakukan banyak hal penting dalam kariernya. Ia tentu berharap bisa melangkah lebih jauh di ajang ini," ujar Hazard seperti dilansir situs resmi UEFA.

"Namun, sayangnya dia tereliminasi. Ibrahimovic tetaplah seorang juara. Dia juga masih memiliki banyak hal yang bisa ditawarkan di level klub," ucapnya.

Pada Piala Eropa 2016, performa Ibrahimovic menjadi salah satu sorotan utama. Pasalnya, pemain 34 tahun itu dinilai tampil tak memuaskan setelah hanya mencatatkan satu tembakan tepat sasaran dari tiga laga fase grup.

Ibrahimovic pun gagal mengikuti jejak Cristiano Ronaldo sebagai pemain yang sanggup mencetak gol dalam empat penyelenggaraan Piala Eropa. 

Ibrahimovic tercatat menjalani debutnya bersama Swedia pada 31 Januari 2001. Saat itu, ia dipasang sebagai starter dalam laga kontra Kepulauan Faroe.

Pencapaian tertinggi Ibrahimovic bersama Swedia adalah mencicipi babak 16 besar Piala Dunia 2002 dan 2006. Ibrahimovic juga pernah mengantarkan Swedia hingga ke perempat final Piala Eropa 2004.

Hingga laga terakhir kontra Belgia, Ibrahimovic telah menorehkan 116 laga dan menorehkan 62 gol untuk Swedia. Jumlah gol tersebut menjadikan Ibrahimovic sebagai top scorer sepanjang masa The Yellow Viking, julukan timnas Swedia.

Ibrahimovic bukan satu-satunya pemain Swedia yang memutuskan pensiun dari timnas. Dua pemain lainnya, Andreas Isaksson (34) dan Kim Kallstrom (33), juga mengikuti jejak sang kapten.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber UEFA


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com