Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Legenda Barcelona Kecewa Ronaldo Raih Ballon d'Or

Kompas.com - 19/01/2015, 21:31 WIB
Ferril Dennys

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Legenda Belanda dan Barcelona, Johan Cruyff, mengecam FIFA terkait keberhasilan bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, meraih Ballon d'Or 2014.

Ronaldo mampu mengalahkan dua pesaingnya, yakni Lionel Messi dan Manuel Neuer. Ronaldo mendapatkan 37,66 persen suara.

Messi dan Neuer bersaing ketat dengan perolehan suara yang tipis. Messi mendapatkan 15,76 persen suara, sementara Neuer mendapatkan 15,72 persen suara.

Pemilihan Ballon d'Or ini berdasarkan pemungutan suara yang dilakukan pelatih dan kapten tim nasional yang merupakan anggota FIFA, serta media dari seluruh dunia.

Namun, Cruyff memandang Ronaldo tidak pantas meraih Ballon d'Or. "Pada tingkat tertinggi sepak bola, Anda harus menggabungkan bakat individu dan gelar juara," kata Cruyff.

"Dari sudut pandang ini, itu konyol bahwa dua tahun berturut-turut, FIFA memberikan penghargaan kepada seorang pemain yang tidak bermain sangat baik tetapi pemain yang banyak memenangkan gelar,"

"Dua tahun lalu, Bayern memenangkan semuanya. Namun, penghargaan tersebut menjadi milik Ronaldo. Bukan untuk Toni Kroos atau pemain lain Bayern,"

"Pada 2014, Kroos lagi-lagi berperan penting untuk tim (Jerman) dalam memenangkan Piala Dunia. Namun ia tidak masuk tiga finalis, Sementara itu, Cristiano Ronaldo adalah seorang penonton di Piala Dunia," bebernya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com