Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Performa Meyakinkan Argentina di Copa America 2024

Kompas.com - 28/06/2024, 12:00 WIB
Suci Rahayu,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Performa timnas Argentina dalam laga kedua babak penyisihan grup Copa America 2024 cukup meyakinkan.

Argentina datang ke turnamen paling bergengsi di kawasan Amerika Latin itu sebagai juara bertahan dan juara Piala Dunia 2022 Qatar.

Tim menyapu dua kemenangan beruntun di babak penyisihan Grup A Copa America 2024.

Usai membekuk Kanada dengan skor 2-0 di laga perdana, Lionel Messi dkk kembali merebut kemenangan seusai mengalahkan Chile dengan skor tipis 1-0.

Argentina menempati peringkat pertama klasemen Grup A dengan raihan enam poin dan memastikan satu tempat di perempat final karena sudah tak mungkin turun dari dua besar dengan satu laga tersisa.

Baca juga: Hasil dan Klasemen Copa America 2024: Argentina Lolos, Kanada Bekuk Peru

Pesaing Argentina yang berada di posisi ketiga klasemen Grup A Copa America 2024, yakni Chile, mengantongi satu poin dengan sisa satu laga.

Melihat timnas berjulukan La Albiceleste yang begitu impresif ini, mantan pelatih fisik Arema FC, Marcos Gonzales, turut mengomentari performa negara asalnya itu.

Ia menilai Argentina masih menjadi kandidat kuat juara Copa America 2024. Hal itu sudah dibuktikan dengan performa yang meyakinkan di dua laga awal penyisihan grup.

"Saya melihatnya dengan sangat baik. Sepak bola Argentina selalu menjadi kandidat kuat di kompetisi apa pun. Metodologi sepak bola Argentina termasuk tiga terbaik di dunia,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (27/6/2024)/

Baca juga: Modal Argentina untuk Pertahankan Gelar Juara Copa America 2024

Menurut dia, performa impresif Argentina dalam beberapa tahun terakhir tak lepas dari kepiawaian Lionel Scaloni sebagai pelatih kepala dalam mengombinasikan pemain senior dan pemain muda.

Selain itu, Marcos Gonzales menilai regenerasi skuad dilakukan dengan baik sehingga Argentina mampu menyabet dua gelar prestisius, yakni Copa America 2020 dan Piala Dunia 2022.

Pelatih fisik Borneo FC musim 2021, Marcos Gonzales.KOMPAS.com/Suci Rahayu Pelatih fisik Borneo FC musim 2021, Marcos Gonzales.
Hal itu terjadi tak lepas dari pembinaan pemain usia muda di Argentina yang mampu melahirkan pemain-pemain potensial, termasuk melahirkan pelatih-pelatih terbaik di dunia.

"Perencanaan, permainan kompetitif sejak usia sangat muda, dan pelatih terbaik di dunia adalah orang Argentina. Di negara saya, sangat penting untuk melatih bakat sejak usia muda. Di setiap sudut kota pasti ada bakat," tutur Marcos Gonzales.

"Para pelatih dilatih dengan sangat baik oleh asosiasi pelatih. Para pelatih Argentina memiliki kapasitas taktis, intensitas, dan karakter," katanya.

Laga selanjutnya babak penyisihan Grup A Copa America 2024, Argentina akan melawan Peru, Minggu (30/6/2024), kickoff pukul 07.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com