Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Ain Juara Liga Champions Asia, Crespo Bekuk Kewell, Revans Istanbul

Kompas.com - 26/05/2024, 01:16 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Al Ain asuhan Hernan Crespo tampil sebagai juara Liga Champions Asia 2023-2024. Mereka menang atas Yokohama F. Marinos racikan Harry Kewell pada laga final.

Hernan Crespo pun sukses membalas kekalahan yang diberikan tim Harry Kewell pada final Liga Champions 2005 di Istanbul Turki. 

Kala itu, Crespo yang masih bermain untuk AC Milan mencetak dua gol dan sempat membawa timnya unggul 3-0. Namun, Milan akhirnya kalah dari tim yang dibela Kewell, Liverpool. 

Liverpool membuat "keajaiban Istanbul" dengan menyamakan kedudukan menjadi 3-3, lalu mengalahkan Milan via adu penalti. Karena gangguan cedera, Kewell yang tampil sebagai starter, hanya bisa bermain selama 23 menit dalam laga final itu.

Namun, tetap saja nikmat keajaiban Istanbul dirasakan betul oleh Kewell. Sebaliknya, Crespo dirundung pilu karena gagal mendekap trofi UEFA Champions League.

Selang 19 tahun, Crespo akhirnya bisa melakukan revans terhadap Kewell. Bedanya, kali ini mereka berada di area teknik sebagai pelatih.

Baca juga: Hasil Liga Champions Asia Al Ain Vs Al Nassr 1-0: Ronaldo Kembali Dilibas Crespo

Laga leg kedua final Liga Champions Asia 2023-2024 mempertemukan tim besutan Crespo dan Kewell, yakni Al Ain vs Yokohama F. Marinos, di Stadion Hazza bin Zayed, Uni Emirat Arab, Sabtu (25/5/2024).

Al Ain racikan Crespo bertekad membalikkkan keadaan usai pada leg pertama di Jepang dua pekan silam, mereka takluk 1-2 meski sempat lebih dulu unggul.

Pada leg kedua, Al Ain sukses bangkit dan menang dengan skor telak 5-1 berkat gol-gol Soufiane Rahimi (8', 67'), Alejandro "Kuka" Romero (33'), dan Kodjo Fo-Doh Laba (90+1', 90+5').

Pada babak pertama, anak asuh Hernan Crespo sudah mampu membuat agregat sama kuat 3-3.

Ketika masuk lorong ruang ganti untuk rehat, Al Ain memimpin 2-1 atas Yokohama F. Marinos pada laga leg kedua final Liga Champions Asia 2023-2024.

Pasukan Crespo memang langsung mengambil inisiatif. Al Ain yang melaju ke final usai menyingkirkan dua raksasa Arab Saudi, Al Nassr dan Al Hilal, membuka skor via gol Soufiane Rahimi (8').

Rahimi menyodok masuk operan backheel cantik Yahia Nader. Keunggulan tim asal Uni Emirat Arab itu dipertajam pada menit ke-33 via penalti Alejandro Romero alias Kuka.

Yokohama F. Marinos terkena hukuman penalti karena pelanggaran yang dilakukan Shinnosuke Hatanaka di area 16 meter.

Baca juga: Ketika Ronaldo Dikalahkan Sepak Bola Level Tinggi Crespo...

Sepakan kaki kiri Kuka gagal dibendung kiper Yokohma F. Marinos, William Popp. Pasukan Harry Kewell kemudian meretas asa kebangkitan begitu Yan Matheus masuk papan skor pada menit ke-40.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com