Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Klub 100 Persen Lolos Club Licensing, Bukti Konsistensi, Sejarah, dan Pelecut Prestasi

Kompas.com - 17/05/2024, 11:50 WIB
Suci Rahayu,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada 9 dari 18 klub Liga 1 yang dapat memenuhi dokumen persyaratan sistem Club Licensing Administration System (CLAS).

Namun, hanya 3 klub yang 100 persen lolos tanpa syarat seperti yang diumumkan PSSI melalui rapat hasil lisensi pimpinan Ketua Komite Lisensi, Timmy Setiawan, di Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Ketiga klub tersebut adalah Bali United, Persik Kediri, dan Bali United yang lolos di tiga kategori yakni AFC Champions League 2, AFC Challenge League dan kategori Liga 1.

Lisensi Klub Profesional ini menjadi dasar sebuah klub dikatakan profesional dan syarat untuk tampil di kompetisi Asia yaitu Liga Champions Asia 2, dan Liga Challenge Asia mewakili Indonesia dan juga tampil di Liga 1 musim depan.

Proses Club Licensing tahun 2023-2024 dilakukan sebagai implementasi AFC Club Licensing Regulations dan PSSI Club Licensing Regulations. Pelaksanaan waktunya dimulai pada 24 November 2023 hingga berakhir pada 30 Mei 2024.

Terdapat lima kriteria penilaian yang menjadi acuan dalam menentukan Club Licensing 2023-2024.

Kelima aspek tersebut mencakup kriteria olahraga, infrastruktur, personil dan administrasi, legal, dan finansial.

Baca juga: Hasil Lisensi Klub PSSI: Hanya 9 Tim Liga 1 Lolos

1. Bali United Teruskan Konsistensi

Keputusan Club Licensing Committee (CLC) PSSI Nomor: 002/CLC-PSSI/V/2024 ini membuat Bali United semakin spesial.

Bali United selalu memperoleh Club Licensing setiap tahun sejak 2017 ketika Liga 1 pertama kali bergulir di Indonesia. Tidak mudah bagi klub mempertahankan status profesional setiap tahunnya.

"Pastinya kami dari manajemen bersyukur atas status Lisensi Klub Profesional yang kami terima. Ini menjadi tahun kedelapan kami Bali United masih menyandang status sebagai sebuah klub profesional yang bisa tampil di Liga Champions Asia, Liga Challenge Asia dan juga Liga 1 musim depan," tutur Club Licensing Officer Bali United FC Richi Kurniawan.

"Semoga lisensi yang kami peroleh ini juga mendukung prestasi tim ini semakin lebih baik ke depannya," imbuhnya.

Maskot suporter Persik Kediri saat menyapa Bonek yang datang menyaksikan laga pekan ke-17 Liga 1 2023-2024 melawan Persebaya Surabaya yang berakhir dengan skor 4-0 di Stadion Brawijaya Kota Kediri, Jawa Timur, Jumat (27/10/2023) sore.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Maskot suporter Persik Kediri saat menyapa Bonek yang datang menyaksikan laga pekan ke-17 Liga 1 2023-2024 melawan Persebaya Surabaya yang berakhir dengan skor 4-0 di Stadion Brawijaya Kota Kediri, Jawa Timur, Jumat (27/10/2023) sore.
2. Persik Kediri Sebagai Sejarah

Untuk pertama kalinya, Persik Kediri mampu mendapatkan Club Licensing Regulations (CLR).

Direktur Persik Souraiya Farina mengaku sangat bersyukur atas pencapaian ini. Ia pun berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung. Sebab, ini menjadi kewajiban sebuah klub jika ingin bermain di level Asia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com